Bandara Angkasa Pura II Fokus Pada 7 Titik Penting ini di Puncak Arus Balik

  • Oleh : Naomy

Minggu, 14/Apr/2024 14:19 WIB
Bandara Angkasa Pura II Bandara Angkasa Pura II


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bandara PT Angkasa Pura II telah memasuki periode arus balik pada masa angkutan lebaran 2024.

Adapun puncak arus balik di 20 bandara yang dikelola AP II diperkirakan Senin (15/4/2024). 

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

Jumlah pergerakan penumpang pada puncak arus balik 15 April di 20 bandara secara kumulatif diprediksi mencapai sekitar 330.000 orang, di mana penumpang yang terbanyak ada di Bandara Soekarno-Hatta yakni hingga 190.000 orang. 

VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro menuturkan, rencana operasi telah disiapkan di seluruh bandara AP II untuk memastikan kelancaran operasional bandara, operasional penerbangan, serta pelayanan kepada penumpang pesawat.

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

“Kolaborasi dan koordinasi di antara stakeholder dilakukan semakin erat untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan bagi penumpang pesawat. Seluruh bandara AP II bersiap pada arus balik ini yang akan mencapai puncaknya pada 15 April. Kami siap mengantar dan menyambut kedatangan pemudik di kota tempat mereka beraktivitas sehari-hari,” urai Cin, Ahad (14/4/2024). 

Pada periode arus balik, bandara yang paling sibuk menyambut kepulangan pemudik dari berbagai kota adalah Bandara Soekarno-Hatta. 

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

Sejalan dengan arus balik ini, bandara AP II fokus pada sejumlah titik penting di aspek operasional dan pelayanan. 

Pada aspek operasional terdapat empat titik penting yang menjadi fokus bandara AP II, di mana ada dua titik penting di sisi darat (land side) dan dua titik penting di sisi udara (air side). 

Di sisi darat, dua titik penting itu adalah kelancaran akses kendaraan bermotor menuju terminal penumpang pesawat dan ketersediaan transportasi publik bagi penumpang dari bandara menuju tempat tinggal. 

“Pada area keberangkatan, akses masuk ke terminal harus dipastikan lancar dan kendaraan pengantar penumpang harus mengikuti ketentuan yang ada, di mana maksimal menurunkan penumpang di curb side adalah tiga menit. Di sisi lain, pada area kedatangan juga harus dipastikan ketersediaan transportasi publik bagi penumpang, agar memudahkan penumpang untuk cepat menuju tempat tinggal,” jabar Cin. 

Sementara itu, dua titik penting di sisi udara adalah alokasi parkir pesawat dan penanganan bagasi penumpang. 

“AP II bersama maskapai dan stakeholder lain merencanakan dengan baik alur kedatangan pemudik, termasuk penentuan lokasi parkir pesawat, apakah merapat ke terminal untuk menggunakan garbarata (on block) atau di area remote. Ini direncanakan dengan baik,” imbuhnya.

Cin menambahkan, penanganan bagasi oleh operator ground handling menjadi titik sangat penting di arus balik. 

Di tengah sibuknya kedatangan penerbangan, personel harus dapat memenuhi level of service mulai dari bagasi diturunkan dari pesawat sampai masuk ke conveyor belt di baggage claim area yang ada di terminal.

Aspek pelayanan

Dari aspek pelayanan, bandara AP II fokus pada tiga titik penting yakni prosedur terkait keterlambatan (delay) penerbangan, kebersihan fasilitas publik, serta kepastian layanan pada proses keberangkatan. 

“Manajemen delay harus dijalankan maskapai dan operator bandara sesuai regulasi yang ditetapkan Kementerian Perhubungan. Potensi delay yang disebabkan beragam faktor pasti ada, dan maskapai maupun operator bandara harus menjalankan delay management dengan baik. Penumpang pesawat harus mendapatkan informasi yang jelas apabila ada delay,” katanya. 

Titik penting lainnya dalam aspek pelayanan adalah terkait kebersihan seluruh fasilitas publik termasuk toilet di area keberangkatan maupun kedatangan. 

Guna memastikan hal ini, jumlah personel, perlengkapan serta peralatan kebersihan di bandara AP II dipastikan mencukupi. 

Adapun stakeholder di bandara AP II juga fokus pada titik penting di area keberangkatan, yakni memastikan pelayanan dalam seluruh proses keberangkatan pemudik termasuk apabila ada kendala terkait tiket penerbangan. (omy)