Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

  • Oleh : Redaksi

Senin, 15/Apr/2024 07:54 WIB
Suasana di Stasiun Cikarang ramai penumpang kereta api jarak jauh, KA Lokal dan juga KRL. (Foto:Ilustrasi) Suasana di Stasiun Cikarang ramai penumpang kereta api jarak jauh, KA Lokal dan juga KRL. (Foto:Ilustrasi)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter sebagai operator KRL Jabodetabek dan KA Lokal, mencatat bahwa adanya peningkatan pengguna di stasiun Integrasi, yang melayani penumpang mudik lebaran seperti Cikarang dan Rangkasbitung.

Tidak hanya itu, Stasiun Sudirman dan Stasiun Cawang yang terintegrasi dengan LRT Jabodebek juga terpantau ramai saat akan berakhirnya angkutan lebaran 2024 ini.
 
VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyatakan, memasuki hari ke lima lebaran atau hari ke-15 masa Angkutan Lebaran tahun 2024 (31 Maret - 14 April 2024) tren volume arus balik penumpanh Commuter Line mulai mengalami kenaikan jelang berakhirnya masa libur lebaran. Terpantau situasi kondisi pengguna di stasiun-stasiun integrasi KRL wilayah Jabodetabek ramai dan kondusif yang mulai dipadati oleh pengguna dari daerah luar Jabodetabek.

Baca Juga:
Penumpang KRL Jabodetabek Senin Pagi Capai 385.226 Orang

Dijelaskan, Stasiun Cikarang sebagai yang terintegrasi KRL dengan KA Lokal Walahar dan Kereta Api Jarak Jauh, pada hari ke lima lebaran ini mengalami tren kenaikan jumlah penumpang. Hingga Ahad (14/4/2024) pukul 13.00 WIB, volume pengguna yang naik di stasiun tersebut sebanyak 11.520 orang, di mana pada hari ke tiga dan ke empat lebaran (12 dan 13 April) kemarin masing-masing sebanyak 22.006 orang dan 25.106 orang.

"Pengguna Commuter Line Walahar dan Jatiluhur dari wilayah sekitar Purwakarta, Cikampek, dan Karawang yang turun di Stasiun Cikarang tercatat sebanyak 4.405 orang dan kedatangan pengguna KA Jarak Jauh di Stasiun Cikarang sebanyak 2.469 orang," terang Anne, Ahad (14/4/2024).

Baca Juga:
Usai Libur Panjang, KAI Commuter Layani 500 Ribu Penumpang pada Awal Pekan Ini

Dilanjutkan Anne, Stasiun Rangkasbitung yang juga merupakan stasiun integrasi antara KRL dan KA Lokal Merak terpantau terjadi tren peningkatan volume kedatangan arus balik penumpang Commuter line Merak atau KA Merak dari wilayah sekitar Merak, dan Banten. 

"Volume pengguna Commuter line Merak yang turun di Stasiun Rangkasbitung sebanyak 6.649 orang. Sedangkan pada hari ke tiga dan ke empat lebaran (12 dan 13 April) kemarin masing-masing mencatat 6.126 orang dan 6.263 orang Commuter Line Merak yang turun di Stasiun Rangkasbitung," lanjut Anne.

Baca Juga:
Melalui CSR, KAI Commuter Berikan Beasiswa Kepada Siswi Pemenang ISTEC 2024

Selanjutnya, untuk pergerakan penumpang KRL di Stasiun Rangkasbitung juga mengalami tren peningkatan. Pada hari ke tiga dan ke empat lebaran kemarin (12 dan 13 April) dari data yang terkumpul jumlah pengguna yang naik diangka 19.204 orang dan 21.821 orang. Sementara hari Ahad (14/4) hingga jam 15.00 WIB tercatat volume pengguna sebanyak 11.121 orang.

Selain itu, pergerakan penumpang KA Bandara Soetta atau Commuter Line Basoetta juga mengalami peningkatan. Pada hari ke tiga dan ke empat lebaran kemarin pengguna yang naik dari Stasiun Bandara Soetta tercatat masing-masing diangka 2.581 orang dan 3.841 orang. Sedangkan volume pengguna yang turun di Stasiun integrasi Manggarai untuk melanjutkan perjalannya menggunakan Commuter Jabodetabek juga mengalami hal yang sama. Masing-masing sebanyak 1.393 orang dan 1.905 orang pada hari ke tiga dan ke empat lebaran kemarin.

Menurur Anne, untuk melayani pengguna KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.061 perjalanan KRL Jabodetabek. Juga, pada 13-16 April 2024  KAI Commuter juga menambahkan 8 perjalanan Commuter Line Basoetta menjadi 64 perjalanan. 

Selain Stasiun Integrasi yang melayani pengguna mudik lebaran, stasiun integrasi lain, yang berada di tengah kota seperti Stasiun Sudirman dan Stasiun Cawang yang terintegrasi dengan LRT Jabodebek juga terpantau ramai. Tercatat hingga pukul 13.00 Wib di Stasiun Sudirman tercatat pengguna yang turun di stasiun tersebut sebanyak 8.300 orang dan di Stasiun Cawang tercatat sebanyak 4.623 orang.

"Perpindahan pengguna dari satu moda transportasi ke moda transportasi lain di stasiun-stasiun integrasi telah menciptakan ekosistem transportasi kepada pengguna. Dengan adanya kemudahan dan konektivitas antar moda transportasi bukan tidak mungkin semakin banyak orang akan beralih menggunakan transportasi publik," ujar Anne.

Anne menilai, selain dipadati dengan pengguna arus balik lebaran, tiap stasiun KRL juga dipadati dengan pengguna musiman yang memanfaatkan waktu libur lebaran ini bersama keluarga. Di Stasiun Bogor menjadi stasiun keberangkatan dan tujuan tertinggi dengan masing-masing pengguna 21.483 orang naik dan 28.339 orang yang turun.

Untuk Stasiun destinasi seperti Stasiun Jakartakota dipadati pengguna sebanyak 16.175 orang, dikuti Stasiun Tanah Abang 10.554 orang, Stasiun Pasar Minggu 9.650 orang, Stasiun Tebet 7.394 orang, dan Stasiun Tanjung Barat sebanyak 6.040 orang. 

Dengan integrasi yang ada, baik integrasi moda angkutan maupun integrasi sistem pembayaran yang diciptakan KAI Commuter bisa memudahkan perjalanan mudik masyarakat dalam merayakan lebaran tahun ini. 

"Jadwal perjalanan Commuter Line di stasiun integrasi juga disesuaikan untuk memberikan kemudahaan akses dalam melanjutkan perjalanan menggunakan Commuter Line," kata Anne. (Fhm)