KM. Dobonsolo Kembali Angkut Ribuan Peserta Arus Balik Mudik Gratis Sepeda Motor Dari Semarang ke Jakarta

  • Oleh : Naomy

Selasa, 16/Apr/2024 05:31 WIB
Pelepasan arus balik mudik gratis dengan kapal laut Pelepasan arus balik mudik gratis dengan kapal laut

SEMARANG (BeritaTrans.com)– Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kembali melepas KM. Dobonsolo yang merupakan armada Pelni, mengangkut peserta arus balik mudik gratis dengan kapal laut voyage ke dua, yaitu sebanyak 2.481 orang penumpang dan 1.002 unit sepeda motor, dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Direktur Kenavigasian, Capt. Budi Mantoro mewakili Direktur Jenderal Perhubungan Laut, selain melakukan pelepasan kapal juga sekaligus ikut berlayar di atas KM. Dobonsolo hingga Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.  

Baca Juga:
Kemenhub Fokus Pengembangan Kenavigasian Pelayaran, Dukung Pertumbuhan Ekonomi di NTT

Sebelum KM. Dobonsolo diberangkatkan, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas, Herwanto berkesempatan  menyerahkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB)  kepada Nakhoda KM. Dobonsolo, Capt. Heri Setiadi.

Menurut Capt. Budi, KM. Dobonsolo mengangkut penumpang sebanyak 2.481 orang, yang terdiri dari 1.862 penumpang dewasa, 422 penumpang anak-anak dan 197 balita, serta 1.002 unit sepeda motor. 

Baca Juga:
Penumpang KM Bukit Raya Asal Pontianak Tujuan Surabaya Dialihkan Naik KM Lawit

Hadir dalam pelepasan ini, Kasubdit Sistem Informasi, Sarana dan Prasarana Angkutan Laut, Ditlala, Kurniawan, Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni Nuraini Dessy Winiastuty, dan GM PT Pelindo Cabang Tanjung Emas, Hardiyanto serta perwakilan Kementerian/Lembaga terkait dan peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut KM. Dobonsolo.

“Alhamdulillah, sore ini semua pelayaran kapal  program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2024 telah terlaksana dengan baik dan lancar, " kata Capt. Budi.

Baca Juga:
KM Bukit Raya Alami Insiden di Perairan Pontianak, Alhamdulillah Situasi Berhasil Dikendalikan

Menurutnya, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun ini semakin diminati dan  mendapat respon sangat positif dari masyarakat. 

"Program ini tentunya sangat membantu masyarakat guna menghindari risiko kecelakaan di jalan raya, sambil memberikan kesempatan kepada pemudik untuk istirahat di dalam kapal,” ujarnya. 

Menurutnya, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini merupakan salah satu dukungan untuk mewujudkan slogan mudik lebaran tahun 2024 ini, yaitu “Mudik Ceria, Penuh Makna". 
 
Para pemudik sepeda motor dengan kapal laut ini tidak dikenakan biaya apapun bahkan mendapatkan fasilitas dua kali makan selama pelayaran serta menikmati fasilitas lainnya seperti berobat secara gratis dan hiburan di atas kapal. 

"Pemerintah berharap dengan memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini, selain mengurangi angka kecelakaan di jalan raya, juga dapat memberikan dampak kinerja Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang semakin opitimistis," imbuh dia

Capt. Budi juga menyampaikan bahwa pihaknya berterima kasih atas keikutsertaan masyarakat yang telah  memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut, sehingga penyelenggaraan program mudik gratis bagi pesepeda motor dengan kapal laut tahun 2024 ini berjalan dengan baik dan lancar.

Pemerintah berharap ke depan program mudik gratis dengan kapal laut ini bisa terus dilaksanakan bahkan ditingkatkan guna  membantu mengurangi terjadinya kecelakaan di jalan raya. 

Capt. Budi mengimbau agar para peserta mudik gratis tetap mematuhi aturan keselamatan pelayaran, dan menjaga fasilitas di atas kapal. (omy)