Mantap, Pelindo Jasa Maritim Sediakan Bus Gratis untuk Angkut Pemudik yang Balik Ke Makassar

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 16/Apr/2024 07:00 WIB
Foto:istimewa/SPJM/Pelindo/Makassar Foto:istimewa/SPJM/Pelindo/Makassar

MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Setelah sukses melaksanakan pelepasan (flag off) mudik gratis bagi 300 orang di dua rute di Sulawesi Selatan, PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM), salah satu subholding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) juga menyediakan bus untuk para pemudik tersebut balik ke Makassar pada 16 April 2024 pukul 19.30 waktu setempat.

Baca Juga:
Pelindo Dukung Percepatan Proses Pengeluaran Petikemas Impor

Baik dari Palopo ke Makassar, maupun dari Bulukumba ke Makassar bus tersedia di titik kumpul yang telah ditentukan.

Untuk rute Bulukumba ke Makassar, ditetapkan titik kumpul di Terminal Induk Bulukumba. Sedangkan untuk rute Palopo ke Makassar, titik kumpulnya adalah di perwakilan Bus Borlindo, serta beberapa titik yang dilewati seperti Belopa dan Suli. Info bagi pemudik tetap tersedia di grup Whatsapp yang telah disediakan sebelumnya bagi para peserta mudik gratis berkordinasi dengan panitia.

Baca Juga:
Pelindo Sambut Baik Operasional Kapal Wisata Dipermudah

"Selain mudik gratis yang digelar tempo hari, SPJM juga melaksanakan program untuk menjemput mereka balik ke Makassar, “kata Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar, Sekretaris Perusahaan SPJM.

“Mudik gratis ini sendiri merupakan bagian dari program Mudik Gratis Bersama BUMN, dimana Pelindo Group juga ikut melaksanakannya dan merupakan salah satu dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan,"lanjut Patrick. 

Baca Juga:
Sinergi BUMN, Pelindo dan Pindad Teken Perjanjian Kerja Sama

Patrick menyampaikan bahwa tahun ini SPJM telah menyediakan sebanyak 270 kursi untuk rute tujuan Makassar - Palopo. Sedangkan untuk rute tujuan Makassar – Bulukumba disediakan sebanyak 30 kursi.

Pemudik adalah masyarakat yang turun di Pelabuhan Makassar dan masyarakat umum yang akan balik ke kampung halamannya di Palopo dan Bulukumba, serta beberapa kabupaten yang dilalui bus tersebut. Palopo adalah kabupaten yang mengarah ke utara, berjarak lebih dari 370 km dari Makassar dan biasanya ditempuh kurang lebih dalam 9 sampai 10 jam perjalanan. Beberapa kabupaten yang dilalui sebelum tiba di Palopo adalah Maros, Pangkep, Barru, Pare-Pare, dan Sidrap.

Sementara Bulukumba adalah kabupaten yang terletak di ujung selatan Pulau Sulawesi dengan jarak tempuh sekitar 164 km dari Makassar. Umumnya ditempuh dalam 5 jam perjalanan.

Patrick menyampaikan, “Kami menyediakan bus untuk balik dari titik kumpul yang di 2 rute tersebut.”

“Kami berharap para peserta yang ingin balik ke Makassar dapat memanfaatkan kuota gratis tersebut.”

Sebelumnya, pada 4 April lalu, peserta mudik gratis dilepas di Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar.

“Saya berharap program ini dapat mengantarkan saudara semua untuk kembali beraktivitas di Makassar atau daerah yang dilalui setelah berkumpul bersama keluarga tercinta pada hari raya Idul Fitri yang lalu, ”Patrick menambahkan.(ahmad)