Forum ASA Shipping Dialogue Bahas Pentingnya Kolaborasi Pelayaran Regional

  • Oleh : Naomy

Selasa, 16/Apr/2024 20:09 WIB
Para petinggi Pelayaran Regional ASIA Para petinggi Pelayaran Regional ASIA

 

SINGAPURA (BeritaTrans.com) - Asian Shipowners’ Association (ASA) menggelar ASA Shipping Dialogue (ASD) di Singapura, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga:
Pemerintah Beri Kemudahan Operasional Kapal Wisata

Sejumlah isu menjadi perhatian stakeholder pelayaran Asia dalam pertemuan tersebut. 

Wakil Ketua Umum ASA Carmelita Hartoto mengatakan, pertemuan ini merupakan agenda rutin yang digelar tahunan. 

Baca Juga:
Menhub Dukung Optimalisasi Bisnis di Nipa Transshipment Anchorage Area

Pada tahun ini, forum mengangkat tema terkait "Tantangan yang Dihadapi Industri Maritim pada tahun 2024 dan Selanjutnya. 

"Forum ASD yang dihadiri sejumlah pemimpin industri pelayaran dunia, pemerintah, petinggi dan tokoh maritim dunia dan regional Asia ini, untuk menyoroti tantangan pelayaran di EU-ETS, tantangan transisi kemaritiman yang adil bagi pelaut, dan tantangan keamanan maritim dunia saat ini," urai Carmelita. 

Baca Juga:
Usai Pelayanan Angleb di Pelabuhan Panjang, KN Trisula P.111 Pangkalan PLP Tanjung Priok Gelar Pengawasan dan Pengamanan Jalur TSS di Perairan Selat Sunda

Setiap topik diskusi diisi para narasumber berkompeten di bidangnya masing-masing. 

Acara dibuka Assistant Chief Executive MPA Mr. Kenneth Lim, dilanjutkan dengan keynote speech Sekretaris Jenderal International Maritime Organization (IMO) Mr. Arsenio Antonio Dominguez Velasco, dan Presentasi dari Ketua ASA Mr. Angad Banga.

Menurut Carmelita, selain menyoroti sejumlah tantangan dunia pelayaran regional dan global, ASD 2024 juga menjadi ajang saling bertukar pengetahuan, informasi dan pengalaman antara pemimpin perusahaan pelayaran dunia dan asosiasi pelayaran regional. 

Melalui forum ini menurutnya, semakin memantapkan komitmen para stakeholder pelayaran regional untuk mengedepankan upaya kolaboratif agar tercipta industri pelayaran regional Asia dan global yang lebih kondusif. 

“Forum ini menjadi ajang mempererat kolaborasi yang sudah tercipta antarstakeholder pelayaran regional dalam upaya menciptakan iklim usaha pelayaran tetap kondusif di tengah ketidakpastian ekonomi dunia,” ungkap Carmelita yang juga merupakan Ketua Umum DPP INSA. 

Selain itu, kata dia, keterlibatan seluruh pihak, dari pemerintah, para pelaku usaha pelayaran dan organisasi pelayaran sangat penting dalam ikut menjaga keamanan dan keselamatan pelayaran di Asia agar tetap aman dan stabil. 

Dengan demikian, perdagangan internasional melalui Asia akan tetap lancar. 

“Keterlibatan seluruh pihak sangat penting dalam menjaga keamanan pelayaran di Asia, mengingat Asia berperan penting dalam kelancaran perdagangan dunia,” ujarnya. 

Dalam forum tersebut, Carmelita yang juga Ketua Umum FASA berkesempatan memberikan closing remarks di akhir forum ASA Shipping Dialogue 2024 ini. 

Dia mengapresiasi seluruh para narasumber yang telah memberikan pandangan terkait sejumlah topik di ASD 2024. 

"Diharapkan forum ini dapat menambah wawasan baru yang lebih mendalam bagi dunia pelayaran regional Asia, sehingga memberikan dampak positif bagi perkembangan pelayaran Asia," imbuhnya. 

Di sela-sela forum ASD 2024, Carmelita juga menghadiri rapat bersama anggota ASA lainnya untuk membahas terkait keanggotaan Maritime Industry Australia Limited (MIAL) di ASA. (omy)