Monitoring Arus Balik Lebaran 2024, Dirjen Perhubungan Udara Apresiasi Semangat Karyawan AirNav

  • Oleh : Naomy

Selasa, 16/Apr/2024 21:34 WIB
Dirjen Kristi bersama Dirut Airnav dan jajaran saat di Towe Airnav Soetta Dirjen Kristi bersama Dirut Airnav dan jajaran saat di Towe Airnav Soetta


TANGERANG (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Udara  Kementerian Perhubungan Maria Kristi Endah Murni monitoring arus balik Lebaran 2024 dan apresiasi semangat karyawan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau BUMN yang lebih dikenal dengan AirNav Indonesia. 

“Saya hari ini sengaja datang ke Tower AirNav di Bandara Soekarno-Hatta untuk melihat langsung semangatnya teman-teman AirNav dalam memberikan pelayanan navigasi di periode libur lebaran tahun 2024 ini, walaupun bekerja di hari libur, tapi tetap mengedepankan ketelitian, kehati-hatian, dan keselamatan bagi penerbangan di Indonesia, terima kasih ya, teman-teman,” tutur Dirjen Kristi, Senin (15/4/2024). 

Baca Juga:
Erupsi Gunung Ruang, 7 Penerbangan di Bandara Sulawesi Utara Disetop

Dia juga menyoroti pelayanan navigasi penerbangan di atas wilayah Kepulauan Riau dan Natuna yang baru beralih dari Singapura kepada Indonesia per 21 Maret 2024 yang lalu. 

“Kita juga patut berbangga, pelayanan navigasi yang tadinya dilayani Singapura, saat ini sudah dilayani oleh anak bangsa."

Baca Juga:
Periode Mudik Lebaran, Airnav Telah Layani 36.994 Penerbangan

Ini dapat menandakan bahwa pelayanan navigasi yang diberikan oleh Indonesia sudah bisa disandingkan dengan level pelayanan dan keselamatan tingkat Internasional.

Direktur Utama AirNav Indonesia Polana B. Pramesti menyampaikan, sejak 3 April hingga 15 April ini yang merupakan puncak arus balik paska libur lebaran 2024, AirNav Indonesia telah melayani 52.567 pergerakan, baik take-off, landing, maupun over-flying (lintas-udara) hingga 15 April 2024, baik penerbangan domestik dan internasional yang dihimpun melalui 51 posko cabang AirNav di seluruh Indonesia. 

Baca Juga:
Airnav Siap Layani 9.000 Lebih Traffic Penerbangan Periode Angleb 2024

“Untuk AirNav Cabang JATSC atau Cabang Soekarno-Hatta sendiri sudah melayani 13.814 pergerakan, berarti rata-rata per hari nya melayani 1.062 pergerakan, dan Alhamdullilah hingga saat ini belum ada insiden atau kejadian apapun akibat kelalaian dari para petugas ATC (Air Traffic Controller), tetap semangat ya teman-teman,” tegas Polana. 

Dia menambahkan, tugas AirNav Indonesia selain memberikan kelancaran dan efisiensi penerbangan, juga memiliki peran untuk menjaga ruang udara Indonesia bebas dari bahaya atau hazard seperti Balon Udara, Debu Vulkanik, dan objek berbahaya lainnya untuk penerbangan.

“Saya mendapat laporan bahwa PIREP (Pilot Report) terhadap gangguan balon udara liar, sudah jauh menurun di tahun 2024 ini dibanding tahun – tahun sebelumnya. Ini merupakan bukti nyata adanya kerja keras dan sinergi yang baik, bukan hanya AirNav tapi juga seluruh Stakeholder terkait seperti Otoritas Bandara, Pemerintah Kota/Kabupaten, Kepolisian, TNI, hingga pemuka agama, untuk meningkatkan kesadaran warganya akan bahaya balon udara liar terhadap penerbangan,” ujar Polana. 

"Mari kita doakan bersama bahwa tingkat kelancaran, keselamatan dan ketertiban periode mudik Lebaran 2024 ini bisa tetap kondusif dan terjaga dengan baik sampai akhir, dan semua pihak tetap bekerjasama untuk tercapainya “Mudik Ceria” yang bisa dirasakan oleh semua kalangan." (omy)