Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 19/Apr/2024 18:24 WIB
Foto/dok.KAI Commuter Foto/dok.KAI Commuter

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tiga hari usai libur panjang Lebaran, masyarakat kembali menggunakan Commuter Line Jabodetabek sebagai transportasi untuk mobilitasnya menuju tempat aktivitasnya sehari-hari. 

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan, mulai hari pertama kerja usai libur Lebaran 2024 (16-18 April 2024) KAI Commuter mencatat rata-rata volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 954.715 orang per hari. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 1 Juta Penumpang Gunakan KRL pada Hari Senin Awal Pekan Ini

Sementara itu, sebelum masa libur panjang Lebaran tercatat volume tertinggi sebanyak 1.041.750 orang pada Senin 1 April 2024. Angka tersebut lebih besar 40% jika dibanding rata-rata volume pengguna Commuter Line Jabodetabek pada hari libur Lebaran kemarin yaitu sebanyak 680.891 orang per hari nya. 

Terpantau di stasiun-stasiun pemberangkatan seperti Stasiun Bogor rata-rata volume pengguna yang naik pada hari kerja usai libur lebaran kemarin sebanyak 56.871 orang. Sedangkan stasiun keberangkatan lainnya seperti Stasiun Citayam tercatat sebanyak 33.995 orang dan Stasiun Bekasi sebanyak 33.611 orang.

Baca Juga:
Antisipasi Lonjakan pada Libur Panjang Waisak, KAI Commuter Tambah 6 Perjalanan KRL Yogyakarta-Palur

Dari pantauan di stasiun pemberangkatan, pengguna Commuter Line Jabodetabek kembali didominasi oleh pengguna harian yang akan beraktivitas menuju atau dari pusat-pusat kota khususnya pada jam sibuk pagi dan sore hari. Pengguna musiman dengan membawa keluarga dan anak yang masih memanfaatkan waktu liburannya juga masih terpantau menggunakan Commuter Line pada siang hari.  

Stasiun transit Manggarai dan Tanah Abang pada jam sibuk pagi dan sore juga mulai padat dengan pengguna yang hendak melakukan transit untuk pindah perjalanan Commuter Line atau berpindah peron keberangkatan, yang sebelumnya pada hari libur lebaran mulai padat pada siang hari. Tercatat pada hari kerja ini rata-rata volume pengguna yang transit di Stasiun Manggarai sebanyak 180.839 orang dan Stasiun Tanah Abang sebanyak 141.212 orang tiap harinya.

Baca Juga:
Penumpang KRL Jabodetabek Senin Pagi Capai 385.226 Orang

Dengan mengoperasikan sebanyak 1.061 perjalanan tiap harinya, KAI Commuter mencatat 322 perjalanan pada jam sibuk pagi, dan sebanyak 304 perjalanan pada jam sibuk sore setiap harinya di seluruh wilayah. Untuk itu, KAI Commuter mengajak pengguna untuk mengatur dan merencanakan dengan baik perjalanannya dengan jadwal-jadwal yang ada.

Sementara itu untuk operasional layanan Commuter Line Merak, pada tiga hari awal usai libur lebaran tercatat rata-rata volume pengguna sebanyak 15.956 orang per harinya. Stasiun Rangkasbitung sebagai stasiun integrasi dari Commuter Line Merak dan Commuter Line Jabodetabek juga mencatat peningkatan volume pengguna Commuter Line Merak yang turun di Stasiun tersebut. Pada awal kerja usai libur lebaran yaitu sebanyak 6.084 orang atau lebih besar 38% jika dibanding volume kedatangan sebelum hari Lebaran yaitu sebanyak 4.419 orang per hari.

Sedangkan operasional Commuter Line Basoetta, pada hari kerja usai libur Lebaran ini volume pengguna tidak jauh berbeda dengan hari kerja pada bulan Ramadan sebelum libur lebaran yaitu sebanyak 7.656 orang per hari nya. Tercatat Stasiun Manggarai merupakan stasiun tujuan pengguna Commuter Line Basoetta tertinggi pada tiga hari pertama hari kerja usai libur lebaran dengan rata-rata volume sebanyak 2.169 orang per harinya.

Dengan volume pengguna Commuter Line yang mulai kembali normal, KAI Commuter mengimbau untuk selalu menjaga keselamatan dan kenyamanan bersama. Selain itu, juga mengingatkan bagi pengguna yang sedang menunggu perjalanan commuter line di area stasiun untuk mendahulukan pengguna yang akan keluar. Tetap menunggu perjalanannya di belakang garis kuning dan selalu memperhatikan celah antara peron dengan Kereta. 

Bagi pengguna musiman yang masih memanfaatkan waktu liburannya menggunakan Commuter Line, kami imbau untuk menghindari jam-jam sibuk pagi pada pukul 06.00 – 08.00 Wib dan Sore hari mulai pukul 16.00 – 18.00 Wib. Gunakan aplikasi C-Access untuk mendapatkan info jadwal perjalanan, kepadatan di stasiun, serta posisi Commuter line yang akan dinaiki secara real time. (Fhm)