Lebih 824 Ribu Penumpang Naik KA Jarak Jauh dari Area Daop 1 Jakarta Selama Angkutan Lebaran 22 Hari

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 21/Apr/2024 12:13 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta mencatat jumlah penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) berangkat pada masa angkutan lebaran adalah rata-rata sekitar 43 ribu hingga 48 ribu. 

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, peningkatan volume penumpang berangkat mulai terjadi sejak 3 April 2024 di Daop 1.
Pada masa angkutan Lebaran 2024 ini mengalami peningkatan penumpang berangkat, hingga 10 persen jika dibandingkan realisasi volume pada tahun 2023. 

Baca Juga:
Selama Libur Akhir Pekan KAI Daop 1 Jakarta Berangkatkan 146 Ribu Lebih Penumpang

"Secara total pada masa Angkutan Lebaran 2023 sejak 31 Maret s/d 21 April 2024 selama 22 hari terdapat sekitar 824.085 penumpang KAJJ yang berangkat dari Area Daop 1 Jakarta melalui Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek," kata Ixfan, Ahad (21/4/2024).

Dijabarkan, dari jumlah 824 ribu penumpang berangkat selama 22 hari tersebut 520 ribu penumpang berangkat menggunakan KA dengan keberangkatan awal dari stasiun Pasar Senen dan 304 ribu lainya penumpang berangkat menggunakan KAJJ keberangkatan awal dari Stasiun Gambir. 

Baca Juga:
Lebih 23 Ribu Penumpang KA Berangkat dari Daop 1 Jakarta pada Hari Jumat Ini

Pada masa Angkutan Lebaran mayoritas pemesanan tiket KA Jarak Jauh dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 3 s.d 11 April 2024. 

Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi atau puncak arus mudik tercatat pada tanggal 6 s.d 9 April. Tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai 104 persen. 

Baca Juga:
KAJJ dari Pasar Senen Berhenti Juga di Stasiun Jatinegara, Ini Jadwalnya!

"Kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Surabaya, Malang, Yogyakarta, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung," kata Ixfan.

Secara keseluruhan situasi arus mudik dan arus balik dari area Daop 1 Jakarta terpantau lancar dan kondusif serta seluruh perjalanan KA berlangsung lancar, aman, selamat dan tepat waktu. 

Sebelumnya pada masa angkutan lebaran 2024 mulai 31 Maret (H-10) hingga 21 April (H+10) secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan 1.693 perjalanan KA Jarak Jauh untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan PasarSenen. Dari jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA Tambahan sebanyak 395 KA untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang. 

Selain melakukan persiapan melalui penambahan perjalanan KA serta memastikan keandalan sarana yang beroperasi, Daop 1 Jakarta juga menambah sejumlah fasilitas di Stasiun seperti kursi tunggu, meja pemeriksaan tiket, penyediaan air minum isi ulang hingga area bermain anak. Sejumlah fasilitas toilet dan area ibadah juga diperbaharui seperti yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan seperti Customer Service Mobile (CSM) yang disiapkan untuk membantu calon penumpang yang membutuhkan informasi serta mengatur alur penumpang agar tidak terjadi kepadatan di satu titik tertentu. 

Dari sisi keamanan dan keselamatan Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat. Penempatan alat material untuk siaga (AMUS) juga dilakukan di 19 titik untuk mempercepat penanganan jika terjadi kondisi kendala operasional. Sejumlah petugas prasarana juga ditempatkan dibeberapa area daerah pengawasan khusus untuk memantau jika ada kondisi yang perlu diantisipasi terkait keselamatan dan keamanan. 

Informasi lebih lanjut terkait informasi perjalanan KA pada dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121. (Fhm)