Kisah Kuyung, 10 Tahun Menjadi UMKM Binaan FIFGROUP

  • Oleh : Ahmad

Minggu, 21/Apr/2024 19:07 WIB
Foto istimewa/FIF group Foto istimewa/FIF group

PALEMBANG (BeritaTrans.com) - Seperti mimpi rasanya ketika akhirnya kita bisa kembali menikmati hari-hari normal seperti sebelum pandemi Covid-19 meluluhlantakkan dunia, termasuk Indonesia.

Baca Juga:
Dukung UMKM di Kuliner Lampung Festival Bersama FIFGROUP Kolaborasi AstraPay dengan Bank Indonesia Lampung

Tidak terbayangkan sebelumnya bahwa hari ini, kita bisa melihat di setiap sudut bumi Indonesia, sebuah panggung musik bisa berdiri lagi, festival rakyat ramai dipadati pengunjung lagi, atau arena bermain kembali bergeliat dengan setiap gegap gempitanya.

Ya.. Indonesia kembali bangkit dengan semangat yang baru dan semakin tangguh di dalam diri setiap individu, dari segala bidang dan lini kehidupan. Dan salah satu bidang yang menjadi tolak ukur kebangkitan Indonesia adalah pertumbuhan positif ekonomi daerah dan nasional. Kita patut bangga bahwa kita memiliki motor pembangkit perekonomian Indonesia yang luar biasa, yaitu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang berjumlah kurang lebih 65 juta dan berkontribusi sebesar 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional serta menyerap tenaga kerja sebesar 97 persen (Humas Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Maret 2024).

Baca Juga:
PT FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5% di Kuartal I 2024

Sebagai salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, FIFGROUP terus mendorong berbagai aspirasi program Corporate Social Responsibility (CSR) guna meningkatkan keberdampakan bisnis perusahaan kepada masyarakat yang terangkum menjadi 4 pilar. Yakni pilar FIFGROUP Sehat, FIFGROUP Pintar, FIFGROUP Sejahtera, dan pilar FIFGROUP Lestari. 

Baca Juga:
Berwisata Kuliner Sambil Penuhi Semua Kebutuhan, Untung di Booth FIFGROUP

Pada pilar FIFGROUP Sejahtera, perusahaan terus berkomitmen dalam mendukung pertumbuhan UMKM yang merupakan tulang punggung kebangkitan ekonomi nasional, yaitu melalui program Dana Bergulir FIFGROUP. 

Tidak hanya memberikan bantuan modal usaha tanpa bunga, namun FIFGROUP juga turut berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM melalui program pelatihan dan workshop yang bertujuan memicu pertumbuhan UMKM binaan FIFGROUP secara pengetahuan dan skillnya.

Kuyung : “Diperhatikan Karyawan Hingga Diajak Bertemu Direktur”

Petang itu, di lapangan depan Palembang Trade Center (PTC) Mall, dengan tas selempang hitam kecil di pundak kiri, Kuyung, seorang penjual pempek yang menjadi salah satu UMKM binaan FIFGROUP, tengah melayani seorang pembeli dengan semangat dan senyum yang santun di acara Festival Foodies Palembang bersama FIFGROUP - Road to FIFGROUP 35th Localicious.

Dengan ramahnya, ia bercerita bahwa sudah lebih dari 10 tahun, Kuyung, menjadi UMKM binaan FIFGROUP. Sedari awal memulai usahanya, pria yang telah memutih rambutnya itu, sudah menjalankan usahanya di halaman depan kantor FIFGROUP Cabang Palembang.

Kuyung menjalankan usaha berjualan pempek dan model, kuliner khas Palembang. Malam itu, ia hanya membawa model isi tahu dan isi telur dengan sambil memotong model untuk pembelinya, ia bercerita bahwa FIFGROUP sungguh telah membantu usahanya dengan luar biasa. Tidak hanya bantuan usaha dalam bentuk dana maupun juga dalam bentuk gerobak yang layak untuk berjualan. Di antara tenda tenant-tenant lain yang ada di Festival Foodies Palembang bersama FIFGROUP - Road to FIFGROUP 35th Localicious, bisa dilihat betapa sederhananya tenda beliau, namun ia tetap melayani dengan sepenuh hati dan semangat.

Sudah 7 (tujuh) hari berjualan di acara kuliner tahunan itu, rata-rata 40 porsi mampu terjual setiap harinya. “Alhamdulilah.. Bapak bahagia dan bersyukur dengan adanya acara ini. Setiap hari rata-rata bisa terjual 40 porsi dimulai dari siang pukul 13.00 hingga malam pukul 22.00.”

“Terima kasih kepada FIFGROUP untuk setiap bantuan yang diberikan kepada saya, sebagai UMKM binaan. Saya merasa sudah menjadi bagian dari keluarga FIFGROUP, karena sering juga diundang ke acara-acara pribadi dari rekan-rekan karyawan FIFGROUP,” ucapnya dengan diakhiri senyum simpulnya.

Kuyung juga berterima kasih juga untuk perhatian FIFGROUP kepada binaannya, “Saya pernah diajak untuk bertemu dengan salah satu Direktur FIFGROUP, berjabat tangan dan berfoto bersama,” kisahnya sambil sumringah seakan-akan sedang mengingat kejadian yang terjadi di 2018 kala itu.

Di akhir perbincangan, Kuyung terus berharap semoga beliau bisa terus menjalankan usahanya bersama FIFGROUP dan terus dapat menjalankan amanah dari bantuan sosial yang diberikan kepadanya.

FIFGROUP Dorong Geliat Perekonomian Daerah Palembang

Per April 2024, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mencatat ada 680 ribu UMKM yang terdaftar oleh Dinas Koperasi dan UKM Sumsel dari sekitar 2,3 juta UMKM di Sumatera Selatan. 

Oleh karena itu, event Festival Foodies Palembang bersama FIFGROUP - Road to FIFGROUP 35th Localicious yang berlokasi di Palembang Trade Center (PTC) Mall ini menjadi salah satu kesempatan yang begitu besar bagi UMKM untuk dapat lebih dikenal dan berkembang.

FIFGROUP berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM. Hal ini sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap Aspirasi Sustainability Astra melalui strategi keberlanjutan Triple-P Roadmap Astra yang terdiri atas pilar Portfolio, People, dan Public Contribution. 

Bentuk dukungan terhadap UMKM tersebut dilakukan melalui penyaluran bantuan modal yang berasal dari Dana Sosial Syariah, yang berfokus pada pengembangan UMKM. Pada 2023, sekitar Rp3 miliar disalurkan kepada 734 UMKM di 234 cabang FIFGROUP se-Indonesia. 

Sejak 2016 hingga akhir tahun 2023 sebanyak 2.137 UMKM telah menerima manfaat program, dengan dana bantuan usaha yang digulirkan total lebih dari Rp7 miliar di hampir seluruh titik jaringan FIFGROUP se-Indonesia.

Di FIFGROUP Cabang Palembang sendiri terdapat 3 UMKM binaan yang terus didorong pengembangannya oleh perusahaan pembiayaan tersebut. 2 UMKM binaan menjalankan usaha kuliner, salah satunya adalah Kuyung, sedangkan 1 UMKM binaan bergerak di toko kelontong.  

Selain terus berupaya mengembangkan UMKM binaan melalui bantuan dana bergulir dan program pelatihan dan workshop, FIFGROUP juga mendorong UMKMnya untuk terlibat langsung di acara-acara kuliner, baik yang diinisiasi oleh FIFGROUP sendiri atau melalui acara-acara kuliner tingkat daerah.

FIFGROUP yang mengusung jargon Satu Solusi Untuk Semua Kebutuhan Pembiayaan, hadir sebagai sponsor utama dalam gelaran yang akan berlangsung hingga 21 April 2024 tersebut. Melalui acara ini, lebih dari 80 ragam kuliner hadir memeriahkan event tahunan warga Palembang. 

Terdapat 4 zona kuliner yang ada Festival Foodies Palembang bersama FIFGROUP - Road to FIFGROUP 35th Localicious, yaitu zona Fighter Room yang menampilkan deretan makan pedas dan gurih, juga ada zona Playful Land yang menghadirkan makanan manis dan dessert yang unik serta menarik. Kemudian ada zona Ancestor Legacy di mana merupakan zona makanan daerah dan nusantara. Dan yang terakhir adalah zona Treasure Hunter yang menjajakan kuliner viral dan “jadul” (jaman dulu).(ahmad)