Sukses Angkutan Laut Lebaran 2024, KSOP Utama Tanjung Priok Gelar Penutupan Posko Bersama Stakeholder di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 26/Apr/2024 14:54 WIB
Foto istimewa/BeritaTrans/ahmad Foto istimewa/BeritaTrans/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com)– Dengan berakhirnya arus balik Lebaran Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Priok Bersama Instansi Pemerintah dan Stakeholders Tanjung Priok sukses menyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran 2024 di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (26/4/2024). 

Baca Juga:
Program TJSL di Hari Raya Idul Adha 2024, Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Serahkan 57 Ekor Sapi

Dalam penyelenggaraan ini, telah terjadi peningkatan signifikan jumlah penumpang sebesar 9,71% dibandingkan dengan periode sebelumnya, dengan total 58.022 penumpang yang melalui Pelabuhan Tanjung Priok. Jumlah kapal yang tiba dan berangkat mengalami penurunan sebesar -2,00%, mencapai 98 kapal dibanding pada tahun 2023.

Puncak naik turun penumpang terjadi sebelum Lebaran pada tanggal 28 Maret 2024, dan setelah Lebaran pada tanggal 22 April 2024, menunjukkan tingginya mobilitas masyarakat dalam merayakan hari raya.

Baca Juga:
EGM Regional 2 Tanjung Priok: RIP Tanjung Priok dan Marunda Terintegrasi Sebagai Dasar Hukum Penataan dan Pengembangan Pelabuhan

Baca Juga:
Idul Adha 1445 H, Pelindo Solusi Logistik Salurkan Hewan Kurban ke Berbagai Wilayah Indonesia

Meski demikian, terdapat potensi 17% penumpang yang masih berada di Jakarta setelah arus balik, sebanyak 2.483 orang. Kembali ke Jakarta pada arus balik mengalami kenaikan 1,7% dibandingkan dengan arus mudik.

Dalam amanat apel penutupan penyelenggaraan angkutan laut lebaran 2024, Kepala Kantor KSOP Utama Tanjung Priok M. Takwim Masuku menyampaikan "Kami mengucapkan terima kasih kepada Instansi dan stakeholders yang terlibat dalam penyelenggaraan angkutan laut lebaran 2024 ini, atas kerja samanya dalam memastikan kelancaran angkutan laut dan juga kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan angkutan laut lebaran ini, sehingga arus mudik dan balik Lebaran berjalan lancar, aman, dan nyaman."(ahmad)