KAI Berkomitmen Terus Selalu Melaksanakan Penugasan dari Pemerintah

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 26/Apr/2024 20:57 WIB
Foto/dok.KAI Foto/dok.KAI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkomitmen untuk selalu mendukung seluruh penugasan yang diamanahkan oleh pemerintah. Hal ini sebagai perwujudan pelayanan terbaik bagi masyarakat melalui transportasi perkeretaapian.

Seperti yang kita ketahui, KAI selain menjalankan tugas utama mengoperasikan serta melayani transportasi angkutan penumpang dan barang, juga mendapat penugasan pemerintah untuk 2 proyek strategis nasional (PSN) yakni Whoosh melalui Perpres 93 Tahun 2021. KAI ditunjuk sebagai pimpinan konsorsium BUMN proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung serta LRT Jabodebek, sesuai Perpres nomor 49 Tahun 2017, KAI ditugaskan untuk menyelenggarakan sarana dan prasarana LRT Jabodebek. 

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Sabtu 15 Juni 2024, Tarif Promo Terjauh Berlaku Loh!

“Saat ini masyarakat telah dapat menggunakan layanan Whoosh dan LRT Jabodebek yang mana telah menjadi andalan masyarakat urban dalam bertransportasi. KAI Group terus menjaga keandalan kedua transportasi canggih tersebut dengan melakukan perawatan dan mengoperasikan secara optimal, guna mendukung peningkatan mobilitas masyarakat,” kata EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji dalam keterangan resmi, Jumat (26/4/2024).

Pada momen Lebaran 2024 kemarin, Whoosh dan LRT Jabodebek untuk pertama kalinya turut berkontribusi dalam memudahkan masyarakat dalam bertransportasi pada masa angkutan Lebaran. Terdapat sebanyak 225 ribu penumpang telah menggunakan kereta cepat Whoosh pada masa liburan Lebaran 2024. Sedangkan LRT Jabodebek telah melayani 255 ribu penumpang selama periode libur Lebaran. 

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Kamis 13 Juni 2024, Sekarang Tarifnya Jadi Segini!

Sementara itu di masa angkutan lebaran yang baru saja dilalui KAI sukses melayani 4,39 juta penumpang, meningkat 14% dibandingkan angkutan lebaran tahun 2023 sebanyak 3,8 juta penumpang

“Kami berharap agar masyarakat terus dapat memanfaatkan dan menggunakan hasil dari penugasan tersebut dengan sebaik-baiknya. Sehingga masyarakat dapat terhindar dari kemacetan serta turut berkontribusi dalam pengurangan polusi,” kata Agus.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Selasa 11 Juni 2024, Tarif Terjauh Rp 10.000 Berlaku di Jam Ini

Agus menerangkan, KAI juga berkomitmen untuk terus mendukung  proyek-proyek perkeretaapian selanjutnya seperti rencana perpanjangan rute kereta cepat sampai ke surabaya dan atau Yogyakarta

Dengan dukungan dari pemerintah dan semua stakeholders KAI siap menyelenggarakan operasional perkeretaapian yang semakin baik guna memberikan manfaat bagi masyarakat dengan mempermudah konektivitas antarwilayah, mengurangi kemacetan lalu lintas, serta menyediakan alternatif transportasi yang lebih ramah lingkungan. 

“Dengan terus mengoptimalkan layanan dan fasilitas, KAI bertekad untuk menjadi BUMN yang mampu mengembangkan ekosistem perkeretaapian yang berkelanjutan, sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat Indonesia,” tutup Agus.(fhm)