Kemenhub Bebastugaskan `Om-Om Botak` Kepala Kantor UPBU Sangia Nibandera Kolaka

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 10/Mei/2024 19:36 WIB
Jubir Kemenhub Adita Irawati Jubir Kemenhub Adita Irawati

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Viral di media sosial seorang om-om botak mengajak YouTuber wanita asal Korea Selatan bernama Jiah mampir ke hotel.

Pria tersebut diketahui adalah pegawai Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dia bernama Asri Damuna yang merupakan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara. 

Menyikapi aksi om botak genit yang terekam video dan viral di media sosial, Pihak Kemenhub menyatakan telah membebastugaskan pria yang Kepala UPBU Sangia Nibandera Kolaka tersebut untuk memudahkan penyelidikan lebih lanjut.

"Kementerian Perhubungan sangat menyesalkan video viral yang melibatkan Asri Damuna, Kepala Kantor UPBU Sangia Nibandera Kolaka. Yang bersangkutan telah dibebastugaskan guna memudahkan penyelidikan dan tindakan lebih lanjut," ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, di Jakarta, Jumat (10/5).

Dikatakan Adita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memerintahkan agar kebenaran berita yang tengah viral tersebut segera diusut dan diberikan sanksi tegas jika terbukti bersalah. Untuk itu, pemeriksaan terhadap yang bersangkutan tengah dilakukan.

"Jika terbukti benar, maka artinya yang bersangkutan tidak dapat menjaga marwah sebagai Aparatur Sipil Negara. Kemungkinan akan ada sanksi internal terkait hal tersebut," kata Adita.

Sebelumnya, sebuah video viral di masyarakat. Dalam video tersebut, seorang Youtuber asal Korea Selatan, Jiah, yang tengah berlibur di Manado, Sulawesi Utara didatangi oleh pria yang diduga adalah Asri Damuna. 

Dalam video tersebut, terduga Asri yang mengaku bernama Albert, mengajak Jiah untuk ikut ke hotelnya. Jiah mengunggah konten tersebut di akun media sosialnya.

Saat itu, Jiah sedang menyantap makanan di mejanya sendiri sambil merekam kegiatannya menggunakan kamera.

Tiba-tiba dua orang pria masuk ke restoran dan terus-terusan menatap Jiah yang sedang asyik menyantap makanannya.

Dua pria tersebut pun mengajak Jiah untuk bergabung ke mejanya. YouTuber cantik asal Korea Selatan itu pun setuju.

Sambil menyantap makanannya, Jiah yang bisa bicara Bahasa Indonesia itu sedikit mengobrol dengan dua pria tersebut, mengaku bernama Albert dan Alex.

Keduanya mengaku berasal dari Kendari, Sulawesi Tenggara dan berada di Manado karena ada urusan bisnis.

Albert, om-om botak yang duduk di sebelah Jiah pun menanyakan dimana tempat menginap YouTuber asal Korea Selatan itu.

"Nginap di mana?" tanya pria botak mengaku bernama Albert itu.

"Dekat sini," jawab Jiah.

Mereka pun melanjutkan mengobrol basa-basi seperti destinasi selanjutnya, dan kapan akan kembali ke daerah masing-masing.

Tiba-tiba, Albert bertanya pertanyaan mengejutkan kepada Jiah.

"Mampir ke hotel boleh? Mampir ke hotel aku boleh?" tanya Albert kepada Jiah yang saat itu sedang menyantap es kacang merah khas Manado.

Terkejut, Jiah pun hanya menjawab bahwa perahunya akan datang sekitar jam 2 siang karena ia akan pergi ke Bunaken.

"Tapi jam 2 perahu, ke Bunaken. Ada perahu umum," jawab Jiah.

Di akhir video, nampak pria bernama Albert itu menawarkan agar tagihan makanan mereka disatukan. Namun, Jiah langsung menolak dan meminta agar tagihannya tetap dipisah.

Kantor UPBU berada di bawah Kementerian Perhubungan. Asri juga diketahui sudah memiliki istri yang menjabat sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan Sangia Nibandera.

"Kemenhub berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Kami meminta kepada seluruh ASN agar dapat menjaga marwah dan etika baik sebagai pegawai pemerintah," kata Adita. (Fhm)