Bandara Soekarno-Hatta, Juanda, dan Adi Soemarmo Layani Calon Jemaah Haji melalui Makkah Route

  • Oleh : Naomy

Senin, 13/Mei/2024 18:19 WIB
Layanan angkutan haji di Bandara Injourney Airport Layanan angkutan haji di Bandara Injourney Airport

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura Indonesia (Injourney Airports) pada hari pertama  embarkasi haji (12 Mei 2024) melalui 10 bandaranya telah melayani keberangkatan sebanyak 6.998 calon jemaah haji dari 18 kelompok terbang (kloter). 

Baca Juga:
Angkasa Pura Indonesia Pastikan Penggabungan AP1 dan AP2 Sesuai Rencana dan Aturan yang Berlaku

Tiga bandara di antaranya menggunakan layanan Makkah Route, yakni Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Adi Soemarmo Solo.

Makkah Route merupakan layanan dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yaitu berupa pemindahan proses keimigrasian calon jemaah haji dari bandara kedatangan, baik itu di Jeddah dan Madinah, ke bandara keberangkatan di Indonesia. 

Baca Juga:
Penumpang Pesawat di Bandara InJourney Airport Tumbuh 19% Sepanjang April

"Implementasi layanan Makkah Route di tiga bandara Injourney Airports tersebut ditujukan sebagai upaya efektivitas, efisiensi, serta kenyamanan bagi para calon jemaah haji," ungkap Direktur Utama Injourney Airports Faik Fahmi, Senin (13/5/2024).

Layanan tersebut telah hadir di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang sejak 2018, sedangkan di Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Adi Soemarmo Solo diimplementasikan pada penyelenggaraan Angkutan Haji di tahun ini.

Baca Juga:
Lewat Program APEX in Safety, ACI dan Bandara Soekarno-Hatta Tingkatkan Standar Keselamatan

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang telah menyediakan layanan Makkah Route di tiga bandara Injourney Airports, juga kepada Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Agama yang telah mendukung kelancaran pengoperasian layanan ini. Melalui layanan Makkah Route, diharapkan akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan, juga kenyamanan para calon jemaah haji,” urainya. 

Layanan Makkah Routes yang hadir di tiga bandara yang dikelola Injourney Airports tersebut, diharapkan akan membantu mempermudah proses keberangkatan sebanyak kurang lebih 122 ribu calon jemaah haji, atau sebanyak 60% dari total jumlah calon jemaah haji tahun 2024.

Faik mengatakan, 10 bandara yang melayani keberangkatan calon jemaah haji pada hari pertama pelaksanaan Angkutan Haji 2024 adalah Bandara Hang Nadim Batam, Bandara Minangkabau Padang, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Bandara Kertajati Majalengka, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok.

Sedangkan tiga bandara lain, yakni Bandara Kualanamu Medan, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, dijadwalkan akan mulai melayani keberangkatan calon jemaah haji masing-masing pada 13, 14, dan 29 Mei 2024.

“Secara umum, pelaksanaan keberangkatan calon jemaah haji berjalan dengan lancar. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik selama proses penyelenggaraan embarkasi dan debarkasi Angkutan Haji di tahun ini,” pungkas Faik. (omy)