Ditjen Perhubungan Udara Beri Bantuan pada Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang

  • Oleh : Naomy

Selasa, 14/Mei/2024 08:17 WIB
Penyerahan bantuan kemanusiaan Ditjen Hubud pada korban erupsi Gunung Ruang Penyerahan bantuan kemanusiaan Ditjen Hubud pada korban erupsi Gunung Ruang

 

MANADO (BeritaTrans.com) - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan memberikan Bantuan Sosial (DJPU Peduli) sebesar Rp125.000.000 kepada masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Ruang di Pulau Tagulandang Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, di Jakarta, Senin (13/5/2024).

Baca Juga:
Slot Time Penerbangan Winter 2024 Dibahas Ditjen Hubud Bareng Stakeholder

Bantuan Sosial DJPU Peduli diserahkan Direktur Bandar Udara Lukman F. Laisa kepada Pemerintah Kabupaten Sitaro yang nantinya akan digunakan untuk melakukan renovasi rumah masyarakat Tagulandang yang terdampak. 

"DJPU Peduli menggalang aksi solidaritas untuk mengumpulkan dana dimulai 6 sampai 12 Mei 2024. Alhamdulillah, hasil yang terkumpul, hari ini telah kami serahkan," ujar Direktur Bandar Udara, Lukman F. Laisa.

Baca Juga:
Bahas Pengembangan Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan, Indonesia jadi Tuan Rumah Workshop Bareng FAA

Mewakili Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Lukman menyampaikan rasa keprihatinan mendalam atas bencana erupsi yang terjadi dan berharap agar pemulihan pascabencana segera terwujud, sehingga masyarakat Tagulandang dapat beraktivitas kembali secara normal.

“Keluarga besar Direktorat Jenderal Perhubungan Udara ingin ikut berbagi kasih dengan saudara-saudara yang tertimpa musibah di Tagulandang. Kami berharap  bantuan ini dapat sedikit meringankan beban masyarakat dan juga mempererat rasa persaudaraan sebagai sesama Warga Negara Indonesia,” kata Lukman.

Baca Juga:
Ditjen Hubud Gelar FGD Understanding Situational Awareness in Aviation Systems

Erupsi Gunung Ruang yang terjadi pada 18 Maret dan 30 Maret 2024, menimbulkan dampak yang cukup besar bagi masyarakat Tagulandang. 

Ratusan Kepala Keluarga (KK) harus mengungsi karena rumah mereka mengalami rusak berat. 

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado Ambar Suryoko menjelaskan, pengumpulan dana ini berlangsung sangat cepat dan mendapat respon yang sangat baik dari seluruh Insan Perhubungan Udara di seluruh Indonesia terutama diwilayah kerja Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII.

“Kami menggalang aksi peduli erupsi Gunung Ruang karena kita ketahui bersama, erupsi tersebut memberikan dampak yang sangat luas terhadap masyarakat, termasuk bandara yang mengalami beberapa kali penutupan sementara,” tutur Ambar.

Di sisi lain Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara, Izak RP Rey menyambut postif dan mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara atas bantuan yang diberikan.

"Kepedulian yang diberikan oleh Keluarga Besar DJPU Peduli sangat berarti bagi masyarakat sekitar yang terkena dampak. Kami mewakili masyarakat Tagulandang mengucapkan banyak terima kasih," ucap Izak.

Turut hadir dalam acara penyerahan bantuan sosial DJPU Peduli tersebut Kepala Dinas Perhubungan Kota Manado, GM PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Sam Ratulangi, GM Airnav Indonesia Cabang Manado, Kepala Stasiun Metereologi Sam Ratulangi Manado, dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sitaro. (omy)