Injourney Group Serahkan Bantuan Senilai RP500 Juta untuk Tanggap Darurat Bencana Sumbar

  • Oleh : Naomy

Kamis, 16/Mei/2024 12:40 WIB
Penyerahan bantuan kemanusiaan dari InJourney Grup kepada warga terdampak bencana Sumbar secara simbolis kepada Wagub Sumbar Penyerahan bantuan kemanusiaan dari InJourney Grup kepada warga terdampak bencana Sumbar secara simbolis kepada Wagub Sumbar


PADANG (BeritaTrans.com) - Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney beserta anak usahanya menyerahkan bantuan senilai Rp500 juta untuk tanggap darurat bencana Sumatera Barat. 

Bantuan yang diberikan  mencakup kebutuhan dasar untuk para pengungsi juga peralatan untuk penanganan pasca-bencana. 

Baca Juga:
Relawan Bakti BUMN Berkolaborasi dengan Injourney, Tingkatkan Fasilitas Pendidikan & Lingkungan di Sungai Ambawang

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan Direktur Utama InJourney Dony Oskaria kepada Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy di VVIP Room Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat, Rabu (15/5/2024).

Secara langsung, bantuan sudah diberikan InJourney pada 13 Mei 2024 Kepada Sekda Tanah Datar dan pada 15 Mei 2024 Kepada Kepala Dinas Sosial Tanah Datar. Bantuan diserahkan oleh perwakilan InJourney Group yang ada di Provinsi Sumatera Barat. 

Baca Juga:
Injourney Group Berangkatkan Gratis 2.075 Pemudik dengan Bus, KA, dan Kapal Laut

Bantuan untuk mencukupi kebutuhan pengungsi terdiri dari 114 matras, 168 selimut, 13 genset, terpal, dan tenda. Selain itu juga diberikan kebutuhan pangan seperti makanan siap saji, air mineral, serta beras. 

Tak kalah penting, kebutuhan pemulihan pascabencana juga diberikan InJourney Group, seperti alat kebersihan, water pump, dan high pressure cleaner. 

Baca Juga:
InJourney Group Dukung Program Mudik 2024 Bersama BUMN, Tersedia 2.088 Tiket

Bantuan lain berupa sejumlah kebutuhan logistik yang diperlukan selama masa tanggap darurat juga terus bergulir untuk pengungsi.

“Bantuan ini merupakan wujud nyata komitmen InJourney Group untuk selalu hadir di tengah masyarakat terutama pada saat seperti ini, dimana kebutuhan saat bencana harus segera ditangani dan menjadi prioritas kami. Harapannya, masyarakat yang terdampak bisa segera dibantu dan proses pemulihan segera dapat dilakukan,” kata Dony.

Wagub Sumbar Audy Joinaldy mengucapkan terima kasih atas bantuan cepat dari InJourney Group.

“Bencana Galodo ini kerusakan parah dan korban jiwanya banyak, yang terparah itu infrastruktur dan ini butuh cepat dipulihkan. Karena itu, bantuan dari InJourney Group ini sangat berarti dalam penanganan pengungsi dan juga pemulihan pasca-bencana,” kata Wagub.

Bencana banjir bandang dan lahar dingin Gunung Marapi, dan tanah longsor melanda sejumlah wilayah di Sumatera Barat pada Sabtu (11/5) dan Ahad (12/5).

Terdapat lima kabupaten/kota di Sumbar, yang terdampak banjir lahar yakni Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Data, Kota Padang Panjang, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kota Padang. 

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Rabu (15/5) pukul 18.00 WIB, jumlah korban meninggal dunia mencapai 58 orang dan korban hilang sebanyak 35 orang. 

BNPB juga mencatat 33 warga mengalami luka-luka dan sedang menjalani perawatan. Sementara jumlah pengungsi akibat bencana tersebut mencapai 1.543 keluarga. 

“InJourney Group menyampaikan belasungkawa kepada para korban bencana alam banjir bandang dan lahar dingin, serta longsor di Sumatera Barat. Kami berharap bantuan ini dapat membantu meringankan para korban, dan juga membantu pemerintah daerah setempat untuk dapat melakukan pemulihan pasca-bencana. Ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial dan komitmen InJourney Group sebagai BUMN, untuk senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia,” tutup Dony. (omy)