Menhub Pastikan Bandara Juanda Surabaya Siap Layani Penerbangan Jemaah Haji

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 18/Mei/2024 18:14 WIB
Menhub bersama jemaah haji di Bandara Juanda Menhub bersama jemaah haji di Bandara Juanda

 

SURABAYA (BeritaTrans.com)  - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan angkutan haji 2024 serta menyapa calon jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekah di Bandara Juanda, Surabaya, Sabtu (18/5/2024). 

Baca Juga:
Menhub Harap Cuaca Cerah Demi Pembangunan Bandara IKN Optimal

Menhub memastikan seluruh infrastruktur bandara Juanda siap mendukung layanan haji.

"Kami secara terus-menerus berupaya meningkatkan layanan penerbangan, termasuk Angkutan Haji. Untuk itu kami selalu memastikan bahwa keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan prioritas utama," tutur Menhub. 

Baca Juga:
Menhub Kembali Tinjau Proyek Pembangunan Bandara IKN

Embarkasi Surabaya akan memberangkatkan 106 kloter jamaah haji pada tahun 2024 dengan total 39.226 jemaah. Adapun setiap kloter terdiri dari 371 orang dengan komposisi 366 Jemaah haji dan lima petugas kloter.

Sementara pada Sabtu (18/5/2024), terdapat empat kloter keberangkatan haji dengan total 1.484 jemaah.

Baca Juga:
Menhub: Bandara IKN Beroperasi 1 Agustus

Keberangkatan jemaah haji kloter Surabaya akan menggunakan armada pesawat udara type A330 dari maskapai Saudi Airlines. Sementara PT Jasa Angkasa Semesta akan mengakomodir penunjang pelayanan darat pesawat udara (ground handling operator).

Di samping itu, Embarkasi Surabaya menyediakan layanan Mecca Route, yaitu imigrasi dari Pemerintah Arab Saudi yang berada di Indonesia. 

Layanan ini menurutnya, berguna mempercepat proses administrasi keimigrasian, sehingga para jemaah haji yang tiba di Arab Saudi dapat langsung menuju ke hotel untuk beristirahat.

"Ini adalah Mecca Route yakni imigrasi yang tadinya di Arab dipindah ke sini. Mulai tahun ini Mecca Route tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di Solo dan di Surabaya. Oleh karenanya saya berterima kasih kepada Arab Saudi yang sudah memberikan fasilitas Mecca Route," ungkap Menhub. 

Dia juga menyampaikan apresiasinya atas kerja sama berbagai pihak dalam mendukung kelancaran angkutan haji 2024. (omy)