Perkuat Ekosistem Bisnis Aviasi Kawasan Asia Tenggara, Garuda dan Singapore Airlines Perluas Kerja Sama Komersial

  • Oleh : Naomy

Senin, 20/Mei/2024 17:33 WIB
Garuda dan Singapore Airlines Garuda dan Singapore Airlines

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Perkuat  ekosistem bisnis aviasi kawasan Asia Tenggara, Maskapai nasional Garuda Indonesia dan Singapore Airlines terus memperkuat komitmennya.

Baca Juga:
Garuda Mulai Laksanakan Fase Pemulangan Jemaah Haji dari Tanah Suci

Keduanya mengoptimalkan sinergi sebagai key players maskapai penerbangan di kawasan Asia Tenggara. 

Komitmen itu dilaksanakan melalui perluasan kerja sama komersial kedua maskapai melalui kerja sama frequent flyer program.

Baca Juga:
DJPU Memastikan Proses Kepulangan Jemaah Haji Mulai Besok Berjalan Lancar dan Aman

Melalui perluasan kerja sama komersial tersebut, baik Garuda maupun Singapore Airlines akan mengoptimalkan berbagai berbagai nilai tambah bagi pengguna jasa kedua maskapai.

Di antaranya program frequent flyer dimana nantinya anggota GarudaMiles dan anggota KrisFlyer akan dapat meningkatkan jumlah maupun melalukan redemption miles yang dimiliki melalui penerbangan codeshare yang dioperasikan oleh kedua maskapai. 

Baca Juga:
Wow, Garuda Masuk Jajaran Perusahaan Terbaik Se-Asia Tenggara

Lebih lanjut, pada perluasan kerja sama ini kedua maskapai juga memperkuat komitmennya dalam mendukung upaya pengembangan pariwisata kedua negara melalui kolaborasi strategi pemasaran.

"Inisiatif ini mencakup upaya bersama dalam menarik wisatawan ke Indonesia, termasuk pelaksanaan familiarisation trips baik bagi travel agent maupun media," tutur Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, Senin (20/5/2024).

Selain program frequent flyer dan joint promotion tourism, melalui perluasan kerjasama tersebut kedua maskapai juga sepakat untuk membuka peluang potensi kerja sama sharing revenue yang saat ini tengah dikaji dengan mengacu kepada ketentuan regulasi yang berlaku. 

Rencana pengembangan kerja sama tersebut merupakan bagian tindak lanjut dari inisiatif rencana kerja sama joint venture yang secara intensif mulai dijajaki sejak tahun 2023 lalu dan saat ini terus dimatangkan antara kedua maskapai.

Melalui kerja sama tersebut, kedua maskapai akan menjajaki peluang untuk secara bersama-sama menggunakan kapasitas dan jaringan masing-masing pada penerbangan antara Indonesia dan Singapura yang dioperasikan kedua maskapai, sehingga penumpang akan memiliki lebih banyak pilihan waktu penerbangan dengan harga yang kompetitif.

"Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya Perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui strategi pengembangan kerja sama komersial khususnya dalam memberikan nilai tambah bagi para pengguna jasa," ujarnya.

Berangkat dari misi yang sama dalam memperkuat potensi ekosistem bisnis aviasi di kawasan Asia Tenggara, perluasan kerja sama komersial ini tentunya menjadi manifestasi penting dari komitmen kedua maskapai untuk terus memperkuat yang telah terjalin baik selama ini dalam memaksimalkan momentum kebangkitan sektor aviasi pasca pandemi.

“Kerja sama ini menjadi fase monumental bagi kami yang turut menggenapi 58 tahun kiprah Garuda dalam menghubungkan Indonesia dan Singapura melalui layanan rute penerbangan Jakarta – Singapura.  Ke depannya kami harapkan kerja sama ini akan dapat terus dikembangkan melalui hadirnya kolaborasi strategis bersama Singapore Airlines terhadap berbagai sektor ekonomi strategis antar kedua negara," ungkap Irfan.

Kiranya dengan perluasan kerja sama ini dapat menghadirkan lebih banyak pilihan nilai tambah layanan penerbangan antara Singapura dan Indonesia yang dapat diakses baik dari Garuda maupun Singapore Airlines.

Lebih lanjut, kerja sama ini juga nantinya diharapkan tidak hanya akan dapat memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa kedua maskapai khususnya dalam melalui kemudahan untuk mendapatkan dan menukarkan mileage yang telah diperoleh ke dalam bentuk tiket penerbangan maupun manfaat ekskusif lainnya namun juga kedepannya sekaligus dapat memperkuat dukungan Garuda untuk pariwisata nasional  dimana melalui kerjasama ini diharapkan akan dapat menarik wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke Indonesia melalui Singapura. 
  
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Chief Executive Officer (CEO) Singapore Airlines, Goh Choon Phong mengatakan, “Kemitraan yang saling menguntungkan dengan Garuda Indonesia akan meningkatkan konektivitas antara Indonesia dan Singapura bagi para pelanggan kami."

Hal ini akan membantu memenuhi permintaan perjalanan udara yang terus meningkat antara kedua negara dan sekitarnya, serta memfasilitasi pertumbuhan kegiatan pariwisata dan ekonomi. 

"Selain itu, dengan memperdalam sinergi antara program frequent flyer kami, kami dapat meningkatkan manfaat bagi pelanggan setia kami, menawarkan lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan dan menukarkan miles ketika bepergian dengan kedua maskapai penerbangan,” katanya.

Sebelumnya, Garuda dan Singapore Airlines terus memperkuat jalinan kerja sama, di mana pada tahun 2023 kedua maskapai mempererat kerja  sama komersial yang telah terjalin sejak tahun 2021 melalui pendekatan skema "Joint Venture"pengelolaan rute penerbangan antara kedua maskapai. 

Saat ini, para pengguna jasa Garuda dapat menikmati berbagai pilihan destinasi menarik yang akan dilayani oleh Singapore Airlines seperti Bali, Jakarta, Medan, dan Surabaya, serta rute jarak jauh ke Johannesburg, London (Heathrow), dan Mumbai.

Sebaliknya, para pengguna jasa Singapore Airlines dapat menikmati penerbangan yang dilayani Garuda Indonesia pada rute penerbangan Singapura, Bali, Jakarta, dan Medan. (omy)