Menikmati Kelezatan Kuliner di Dekat Stasiun Kereta Api

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 22/Mei/2024 16:21 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kereta api bukan hanya sebuah moda transportasi, tetapi juga merupakan bagian dari gaya hidup bagi jutaan orang setiap harinya. 

Dari momen perjalanan yang singkat hingga perjalanan jauh, kereta api menawarkan pengalaman unik yang tak terlupakan. 

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Operasikan 9 Kereta Api Tambahan Selama Libur Panjang Idul Adha

Namun, tahukah kamu bahwa di sekitar stasiun-stasiun kereta, tersimpan ragam kelezatan kuliner yang patut untuk dicoba? Lengkapnya yuk simak artikel berikut ini.

1. Stasiun Medan

Baca Juga:
Sambut Libur Panjang Anak Sekolah, Operasional Kereta Commuter Line Basoetta Ditambah

Stasiun Medan bukan hanya tempat transit, tetapi juga merupakan surga bagi para pencinta kuliner. Di sini, kamu wajib mencicipi Lontong Stasiun Kereta Api yang begitu lezat. Rasa santan yang kaya, disajikan dengan kuah yang kental dan gurih, membuat lontong khas Medan menjadi pilihan yang tepat untuk memulai petualangan kuliner kamu di kota ini. Lontong di sini spesialis malam, jam operasionalnya mulai pukul sore hingga menjelang tengah malam. Setelah menikmati kelezatan di sini, kamu bisa mampir ke Jembatan Titi Gantung yang sangat populer di Kota Medan untuk bersantai dan menikmati pemandangan kota.

2. Stasiun Tanjung Karang

Baca Juga:
KAI Commuter Operasikan 1.048 Perjalanan KRL pada Periode Libur Panjang Idul Adha

Stasiun Tanjung Karang merupakan tempat yang tepat untuk menikmati kuliner legendaris seperti Pempek 55 Hj. Eti, Bakso Rusuk Simpur, atau Nasi Uduk Toha Kartini. Nikmati kelezatan kuliner khas Tanjung Karang sebelum melanjutkan perjalananmu.

3. Stasiun Bogor

Stasiun Bogor memang terkenal dengan keindahan, tetapi jangan salah, kuliner di sekitar stasiun ini juga tak kalah memikat. Cicipi Mie Kocok Mawar yang gurih, Soto Daging Ala Mang Bonin yang nikmat, atau Mie Ayam Bakso Apollo yang menggugah selera. Setelah itu, nikmati suasana sejuk Bogor dengan berjalan-jalan di Kebun Raya Bogor yang tak jauh dari stasiun.

4. Stasiun Bandung

Stasiun Bandung, dengan kemegahannya yang klasik, merupakan gerbang utama ke kota Paris van Java. Tak jauh dari stasiun ini, kamu akan menemukan jajanan ikonik seperti Cuanki JPK yang menggugah selera, Loko Coffee Shop yang cocok untuk menikmati secangkir kopi sebelum atau sesudah perjalanan, serta Perkedel Bondon yang renyah di mulut. Jangan lewatkan juga Lontong Kari Kebon Karet yang begitu lezat. Setelah puas menikmati jajanan, jalan-jalanlah sebentar di sekitar Jalan Braga yang kental dengan aroma sejarahnya.

5. Stasiun Purwokerto

Stasiun Purwokerto tidak hanya menjadi titik awal perjalanan, tetapi juga merupakan titik awal petualangan kuliner yang menarik. Nikmati soto khas Purwokerto di Soto H. Loso atau aneka jajanan di Wisata Kuliner Pasar Manis. Jangan lupa untuk mencicipi kopi di Grand Cafe untuk melengkapi pengalaman kulinermu. Saat malam tiba, kamu dapat menikmati gemerlap lampu di Alun-alun Purwokerto yang berjarak tidak jauh dari Stasiun Purwokerto.

6. Stasiun Kediri

Stasiun Kediri adalah pintu gerbang untuk menjelajahi kelezatan kuliner di kota ini. Nikmati pecel dan sambal tumpang di Jalan Dhoho, Nasi Goreng Anglo Mbah Man, atau Rujak Cingur Ringin Sepur yang lezat dan memiliki porsi yang jumbo. Jangan lupa untuk mampir ke Kebun Bunga Matahari yang lokasinya tidak jauh dari stasiun untuk berfoto, karena kebun bunga ini memiliki hamparan bunga yang indah.

7. Stasiun Blitar

Stasiun Blitar bukan hanya tempat berhenti sebentar, tetapi juga merupakan titik awal untuk menjelajahi kelezatan kuliner lokal. Bakso Gong Stasiun Blitar, Padang Murah, atau Warung Sri Rejeki adalah beberapa pilihan yang wajib dicoba. Setelah puas kulineran, kamu bisa mampir ke Alun-alun Blitar untuk berfoto-foto.

8. Stasiun Wonokromo

Stasiun Wonokromo menyajikan ragam kuliner yang menggugah selera dengan sensari yang pedas dan gurih. Sego Sambel Tongkol Mbak Ju, Rawon Pak Pangat, atau Sego Sambel Mak Yeye adalah beberapa pilihan yang bisa kamu coba di sini. Setelah kenyang, Kamu bisa mampir ke Darmo Trade Center untuk berbelanja, karena banyak pedagang yang menjual kebutuhan sehari-hari.

9. Stasiun Malang

Stasiun Malang tak hanya terkenal dengan kesejukannya, tetapi juga dengan kelezatan kuliner lokalnya. Nikmati Nasi Bug Matirah yang menggugah selera, Rawon Tessy yang lezat, atau Soto Basket yang menghangatkan. Jangan lupa juga untuk mampir ke kampung warna-warni Jodipan yang tampak instagramable ini.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa stasiun-stasiun kereta api di Indonesia menyimpan rahasia kelezatan kuliner yang tak terlupakan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan lokal di sekitar stasiun-stasiun tersebut saat melakukan perjalanan dengan kereta api.

"Masyarakat dapat memanfaatkan kereta api untuk berwisata. Banyak destinasi menarik di dekat stasiun, mulai dari taman kota hingga bangunan bersejarah. Selain itu, terdapat destinasi wisata kuliner yang menawarkan menu autentik serta tempat yang unik. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan lokal di sekitar stasiun-stasiun tersebut saat melakukan perjalanan dengan kereta api. Untuk mengetahui rute, jadwal, dan pembelian tiket kereta, masyarakat dapat mengakses aplikasi Access by KAI,” tutup Joni. (fhm)