KAI Commuter Operasikan 1.048 Perjalanan KRL pada Periode Libur Panjang Idul Adha

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 14/Jun/2024 18:27 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Memasuki libur panjang Idul Adha dan Libur anak sekolah mulai 13 Juni – 14 Juli 2024 (selama 32 hari), KAI Commuter mengoperasikan total perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek sebanyak 32.824 perjalanan. Hal itu disampaikan VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.

Dia menjelaskan, selama periode tersebut total kapasitas angkut penumpang sebesar 1.838.740 orang per harinya. 

Baca Juga:
Raih Prestasi Internasional, KAI Commuter Dapat 7 Medali di Ajang Contact Center World 2024 Australia

"Pada periode tersebut KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan Commuter line Jabodetabek sebanyak 1.048 perjalanan pada hari kerja dan sebanyak 959 perjalanan pada akhir minggu dan hari libur untuk seluruh lintas Jabodetabek," kata Anne dalam keterangan resmi, Jumat (14/6/2024).

Dikatakan, khusus pada libur dan cuti bersama Idul Adha (15-18 Juni 2024), KAI Commuter tetap mengoperasikan pelayanan mengacu hari kerja yaitu sebanyak 1.048 perjalanan tiap harinya.

Baca Juga:
KAI Commuter Tegas Berpihak ke Korban dan Pelecehan Seksual sebagai Kejahatan Serius

Dengan pengoperasian yang tetap mengacu pada hari kerja, diharapkan masyarakat tetap dapat bermobilisasi secara normal menggunakan KRL.

Menurut Anne, diprediksi jumlah volume penumpang selama masa libur dan cuti bersama Idul Adha sebanyak 2.812.419 orang dengan 5 stasiun yang akan dipadati oleh pengguna antara lain Stasiun Bogor, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jakartakota, Stasiun Citayam dan Stasiun Bekasi. Sedangkan total volume pengguna KRL Jabodetabek sepanjang libur Idul Adha dan Libur Anak Sekolah selama 32 hari (13 Juni – 14 Juli 2024) diprediksi sebanyak 27.167.314 orang. 

Baca Juga:
Tegas, KAI Commuter Larang Pelaku Pelecehan Seksual Naik KRL

Anne juga mengingatkan, demi kenyamanan bersama saat menggunakan Commuter Line, KAI Commuter mengimbau dilarang membawa barang bawaan yang berbau menyengat dan menggangu kenyamanan peengguna lainnya selama menggunakan Commuter Line. 

"KAI Commuter juga mengajak untuk selalu ikuti arahan dari petugas di stasiun maupun di dalam kereta," kata Anne.

Commuter Line Basoetta dan KA Merak selama Libur Idil Adha dan Libur Anak Sekolah

Untuk mengakomodir peningkatan penumpang yang akan menuju Bandara Soetta, KAI Commuter mengoperasikan 4 perjalanan Commuter Line Basoetta tambahan menjadi 60 perjalanan setiap hari libur pada masa libur panjang Idul Adha dan Libur anak sekolah yaitu tanggal 13 Juni – 14 Juli 2024.

"Dengan penambahan perjalanan tersebut, total pengoperasian perjalanan Commuter Line Basoetta selama periode tersebut sebanyak 1.860 perjalanan dengan kapasitas angkut 16.320 orang perharinya. Ditargetkan, KAI Commuter dapat melayani sebanyak 221.253 pengguna," sambung Anne.

Untuk memudahkan transaksi pembayaran tiketnya, mulai 13 Juni 2023 ini pembayaran tiket Commuter Line Basoetta di vending machine sudah dapat menggunakan QRIS atau kartu Debit/Kredit Bank. Sebelumnya pembelian tiket juga dapat melalui C-Access, Access by KAI, website: reservation.kci.id dan menggunakan KMT.

Sementara untuk Commuter Line Merak, KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan tiap harinya, dengan total kapasitas pengguna sebanyak 10.685 orang per harinya. 

"Pada periode libur Idul Adha dan libur anak sekolah tahun ini prediksi pengguna Commuter Line Merak berdasarkan data sebanyak 313.361 orang selama periode 13 Juni – 14 Juli 2024," kata Anne.

Untuk melakukan reservasi dan pembelian tiket Commuter Line Merak dapat melalui Acces by KAI yang dapat dilakukan pada H-7 sebelum hari keberangkatan atau pembelian langsung di Stasiun selalu persediaan masih ada. Pengguna diharapkan datang lebih awal untuk verifikasi data sebelum keberangkatan.

KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line Jabodetabek, Basoetta dan Merak untuk selalu mengikuti aturan selama perjalanan. 

"Kepada para pengguna yang membawa keluarga dan anak untuk selalu menjaga dan mengawasinya selama di kereta dan Stasiun, serta ikuti arahan petugas dan tetap waspada juga selalu menjaga keselamatan," pungkas Anne. (Fhm)