Penumpang KRL Capai 324 Ribu Lebih pada Libur Raya Idul Adha, Stasiun Bogor Paling Ramai

  • Oleh : Redaksi

Senin, 17/Jun/2024 21:23 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pada Hari Raya Idul Adha pada hari Senin, 17 Juni, penumpang KRL Commuter Line Jabodetabek terpantau padat namun lancar. Hingga pukul 18:00 WIB, tercatat bahwa sebanyak 324.280 orang menggunakan layanan Commuter Line Jabodetabek. 

Stasiun Bogor menjadi stasiun dengan volume keberangkatan dan kedatangan terbanyak, dengan jumlah penumpang sebanyak 22.078 orang yang berangkat dan 23.374 orang yang turun di stasiun tersebut.

Baca Juga:
Raih Prestasi Internasional, KAI Commuter Dapat 7 Medali di Ajang Contact Center World 2024 Australia

"Pada libur Idul Adha ini, pengguna didominasi dengan pengguna musiman dengan membawa keluarga atau anak-anak," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Senin (17/6/2024).

Dikatakan Anne, di stasiun-stasiun intergrasi dengan perjalanan Commuter Line Lokal juga terpantau ramai, seperti Stasiun Cikarang yang terintegrasi dengan Commuter Line Walahar hingga waktu yang sama tercatat volume pengguna Commuter Line yang turun distasiun tersebut sebanyak 10.389 orang. 

Baca Juga:
KAI Commuter Tegas Berpihak ke Korban dan Pelecehan Seksual sebagai Kejahatan Serius

Sedangkan di Stasiun Rangkasbitung yang terintegrasi dengan Commuter Line Merak tercatat 7.220 orang yang turun distasiun tersebut. 

Masa libur panjang Idul Adha ini hingga esok Selasa 18 Juni 2024, KAI Commuter mengoperasikan perjalanan Commuter Line Jabodetabek sebanyak 1.048 perjalanan per harinya yang mengacu pada hari kerja. 

Baca Juga:
Tegas, KAI Commuter Larang Pelaku Pelecehan Seksual Naik KRL

"Dengan pengoperasian yang tetap mengacu pada hari kerja, diharapkan masyarakat tetap dapat bermobilisasi secara normal menggunakan kereta commuter line," kata Anne.

Tercatat total volume pengguna Commuter Line Jabodetabek selama libur panjang peringatan Idul Adha ini mulai Sabtu-Ahad (15-16/6) tercatat sebanyak 1.289.420 orang.

Commuter Line Basoetta dan KA Lokal Merak selama Libur Idul Adha

Selama libur panjang Idul Adha tahun ini, KAI Commuter mengoperasikan 4 perjalanan Commuter Line Basoetta tambahan menjadi 60 perjalanan setiap hari, dengan kapasitas angkut 16.320 orang perharinya.

Selama libur panjang ini mulai Sabtu-Minggu, (15-16/6), KAI Commuter mencatat total volume pengguna Commuter Line Basoetta sebanyak 10.218 orang. KAI Commuter juga mencatat volume tertinggi yaitu pada Jumat, (14/6) yaitu sebanyak 8.450 orang.

Untuk memudahkan transaksi pembayaran tiketnya, mulai 13 Juni 2023 kemarin pembayaran tiket Commuter Line Basoetta di vending machine sudah dapat menggunakan QRIS atau kartu Debit/Kredit Bank.

Sebelumnya pembelian tiket juga dapat melalui C-Access, Access by KAI, website: reservation.kci.id dan menggunakan KMT.

Sementara untuk Commuter Line Merak, selama masa libur panjang mulai Sabtu-Ahad (15-16/6) tercatat total volume pengguna sebanyak 27.200 orang dengan volume tertinggi pada Sabtu, (16/6) yaitu sebanyak 13.918 orang.

Selama masa libur Idul Adha ini, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan Commuter Line Merak tiap harinya, dengan total kapasitas pengguna sebanyak 10.685 orang per harinya.

Untuk melakukan reservasi dan pembelian tiket Commuter Line Merak dapat melalui Acces by KAI yang dapat dilakukan pada H-7 sebelum hari keberangkatan atau pembelian langsung di Stasiun selalu persediaan masih ada. Pengguna diharapkan datang lebih awal untuk verifikasi data sebelum keberangkatan.

Demi kenyamanan bersama saat menggunakan Commuter Line, KAI Commuter mengimbau dilarang membawa barang bawaan yang berbau menyengat dan menggangu kenyamanan peengguna lainnya selama menggunakan Commuter Line. KAI Commuter juga mengajak untuk selalu ikuti arahan dari petugas di stasiun maupun di dalam kereta.

KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line Jabodetabek, Basoetta dan Merak untuk selalu mengikuti aturan selama perjalanan. Kepada para pengguna yang membawa keluarga dan anak untuk selalu menjaga dan mengawasinya selama di kereta dan Stasiun, serta ikuti arahan petugas dan tetap waspada juga selalu menjaga keselamatan.(fhm)