Aktif Berkolaborasi, ASDP Raih Penghargaan dari Kemenhub

  • Oleh : Naomy

Rabu, 10/Jul/2024 17:19 WIB
Dirut ASDP saat meneruma penghargaan dari Menhub Dirut ASDP saat meneruma penghargaan dari Menhub


JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali mendapatkan penghargaan sebagai salah satu "Instansi yang Berperan Aktif dalam Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2024/1445 Hijriah" dari Kementerian Perhubungan,.

Penghargaan diserahkan secara langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Darat Seluruh Indonesia Tahun 2024, di Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Baca Juga:
Kinerja Keuangan ASDP Positif pada Semester I-2024, Bukukan Laba Rp356 Miliar

Dalam kegiatan tersebut Menhub menyampaikan keberhasilan penyelenggaraan mudik yang telah dilaksanakan pada tahun 2024 ini merupakan hasil sinergi kolaborasi berbagai pihak, mulai dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, PT Jasa Raharja, PT Jasa Marga, PT ASDP Indonesia Ferry, serta PT Dharma Lautan Utama. 

Menurutnya tingkat kepuasan masyarakat terhadap mudik terus meningkat dari tahun ke tahun.

Baca Juga:
Kemenhub Terima Apresiasi Capaian Proyek Strategis Nasional

"Jika tahun lalu tingkat kepuasan masyakarat berada di angka 89 persen, tahun ini naik menjadi 90,5 persen. Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran arus mudik dan semoga kita bisa terus bersinergi untuk sektor transportasi di dalam negeri,” tutur Menhub.

Dia juga menyampaikan bahwa Presiden Jokowi secara intens melakukan pemantauan dan memberikan pengarahan terkait penyelenggaraan arus mudik kepada Kemenhub dan stakeholder lainnya, dalam hal ini terkhusus Kementerian PUPR. 

Baca Juga:
Tingkatkan Penjualan Produk Mitra Binaan, ASDP Hadirkan Vending Machine UMKM F&B

Alhasil, dari evaluasi dan rapat yang telah dilakukan bersama, tercetus tiga hal strategis yang diklaim mampu mendongkrak tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan arus mudik di masa yang akan datang.

Terdapat tiga hal besar yang akan dilakukan. Pertama, menambah jumlah rest area di banyak tempat. Kedua, merevitalisasi Pelabuhan Bojonegara, di mana telah disetujui Kementerian PUPR yang akan membuat akses jalan masuk sehingga truk tidak langsung menuju ke Pelabuhan Merak. 

Ketiga, pemanfaatan On Board Unit (OBU) yang merupakan satu mekanisme pembayaran tol otomatis sehingga kendaraan bisa langsung lewat tanpa harus berhenti di gerbang tol. 

"Saya berterima kasih kepada Pak Menteri Basuki yang sudah banyak membantu dalam merealisasikan kemajuan sektor transportasi ini,” ungkap Menhub.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi menyampaikan rasa syukur dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kemenhub atas atensi, dukungan dan kepercayaan yang diberikan dalam bersinergi dan berkolaborasi dengan stakeholder lainnya.

Dengan demikian dapat terus memacu dan memberikan layanan penyeberangan prima kepada seluruh pengguna jasa khususnya dalam perhelatan Angkutan Lebaran tahun 2024 lalu.

"Suatu kehormatan bagi ASDP dapat menjadi salah satu penerima penghargaan ini. Adanya apresiasi ini akan menjadi energi positif serta memacu ASDP untuk terus memberikan yang terbaik dalam melayani pengguna jasa tidak terbatas hanya saat Angkutan Lebaran atau Natal dan Tahun Baru tiba, tetapi juga di sepanjang beroperasinya layanan ASDP," ujarnya.

ASDP telah mengusung transformasi digital selama kurun waktu lima tahun terakhir, sehingga kehadiran digitalisasi atau penerapan e-ticketing kapal ferry menjadi salah satu faktor yang mendukung kelancaran arus penyeberangan terutama dalam memastikan keakuratan data manifest dan memecah kepadatan di Pelabuhan.

Manajemen pun secara aktif dan berkelanjutan mendorong dan meningkatkan penetrasi layanan reservasi tiket online Ferizy yang kini sudah bisa dilakukan sejak 60 hari sebelum hari keberangkatan. 

"Dengan melakukan reservasi perjalanan lebih awal, maka perjalanan menjadi lebih terjamin, lebih aman, tidak perlu mengantre, dan pastinya lebih nyaman," tuturnya.

Terhitung pada periode angkutan lebaran 2024, tambahnya, mulai 3 April 2024 atau H-7 hingga 18 April 2024 atau H+7 di 8 lintasan pantauan nasional, jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 159 unit kapal. 

Adapun realisasi total penumpang mencapai 4,14 juta orang atau naik 3% dibandingkan realisasi tahun lalu yang mencapai 4.026.267 orang dan total seluruh kendaraan tercatat 1,02 juta unit atau naik 9% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 945.797 unit.

Lebih lanjut Menhub mengatakan, penerapan e-ticketing, monitoring kendaraan secara real-time, dan teknologi lain juga penting untuk mencegah atau menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan di jalan raya. 

Adapun aspek lainnya, penting untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor transportasi darat. 

“Tingkat kepuasan masyarakat terhadap mudik terus meningkat dari tahun ke tahun. Jika tahun lalu tingkat kepuasan masyakarat berada di angka 89 persen, tahun ini naik menjadi 90,5 persen. Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran arus mudik dan semoga kita bisa terus bersinergi untuk sektor transportasi di dalam negeri,” tutup Menhub. (omy)