Bandara Ahmad Yani, Sepinggan, dan Lombok Diganjar Sehat oleh Kemenkes

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 20/Nov/2020 14:12 WIB
Bandara Ahmad Yani, Semarang (dok) Bandara Ahmad Yani, Semarang (dok)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tiga bandara Angkasa Pura I diganjar sebagai Bandara Sehat 2020 pada ajang Penghargaan Bidang Kesehatan dan Lingkungan 2020 selenggaraan Kementerian Kesehatan. 

Ketiga bandara Angkasa Pura I yang meraih penghargaan tersebut yaitu Bandara Jenderal Anhmad Yani Semarang, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Lombok Praya. 

Baca Juga:
Pengembangan Bandara Lombok Capai 62%

"Hal ini merupakan salah satu bukti komitmen Angkasa Pura I dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 secara konsisten. Pengumuman penghargaan dilakukan pada Selasa 17 November 2020 secara virtual," jelas Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi di Jakarta, Jumat (20/11/2020). 

Pada kegiatan tersebut turut memberikan kata sambutan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putrato dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.  

Baca Juga:
10 Persen Penumpang Pesawat Reaktif Setelah Ikut Rapid Test di Bandara Semarang

"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap komitmen Angkasa Pura I dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di seluruh area bandara Angkasa Pura I. Penghargaan ini juga melengkapi berbagai apresiasi dari berbagai pihak, baik dari dalam negeri seperti apresiasi dari Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wihsnutama Kusubandrio, hingga mitra global seperti Incheon Airport International Corporation, terhadap upaya Angkasa Pura I dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten. Kami berterimakasih kepada Kementerian Kesehatan atas penghargaan ini yang dapat memicu kami untuk meningkatkan kinerja pelayanan pada masa adaptasi kebiasaan baru," urainya.

Menkes mengatakan, inisiasi ini berguna sebagai bentuk pencegahan Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan termasuk di fasilitas umum. 

Baca Juga:
Imbas Corona, Pergerakan Pesawat Berkurang 9 Persen di Bandara Internasional Lombok

"Sesuai peraturan pemerintah, kegiatan ini dapat menjadi momentum mengajak seluruh komponen anak bangsa dalam perilaku hidup sehat serta penerapan protokol di tempat dan fasilitas umum," ujar Menkes.

Menhub menambahkan, upaya yang dilakukan ini memang penting untuk didorong berbagai kementerian atau lembaga terkait. 

"Selain itu, kebijakan yang terintegrasi dalam protokol kesehatan lingkungan ini pun perlu terus dioptimalkan agar semua pihak dapat menerapkan protokol kesehatan secara konsisten". 

Angkasa Pura I secara konsisten menerapkan protokol kesehatan perusahaan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan bandara. Seiring dengan mulai meningkatnya trafik penerbangan, Angkasa Pura I juga secara rutin melakukan pengawasan kepada pengguna jasa bandara untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. 

Kesuksesan penerapan Protokol Kesehatan Angkasa Pura I ditandai oleh apresiasi dari Menteri BUMN Erick Thohir ketika melakukan kunjungan ke Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang pada 16 Mei lalu dan apresiasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Parenkraf) Wishnutama Kusubandio ketika melakukan kunjungan ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 18 Juni 2020. 
 
Menteri BUMN Erick Thohir saat itu mengapresiasi kinerja para petugas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yang menjalankan tugasnya dengan baik dalam menyiapkan operasional penerbangan pada masa pembatasan perjalanan orang yang dapat dilihat dari penyediaan kursi tunggu berjarak, pengaturan alur penumpang, dan pengaturan jadwal penerbangan untuk mengantisipasi antrean di bandara. 

Sedangkan Menteri Parenkraf Wishnutama mengapresiasi penerapan protokol kesehatan di bandara hingga ke proses pengaturan saat penumpang mengambil bagasi.  

"Angkasa Pura I menjamin bahwa penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid19 di 15 bandara dilakukan secara konsisten dan disiplin. Kami selalu memastikan kebersihan pada fasilitas-fasilitas publik seperti konter check in, trolley, self check-in machine, security check point, tray & x-ray, toilet, boarding pass scanner, hand rail, arm chair, dan lain sebagainya di bandara kami dilakukan pembersihan secara intens dan berkala menggunakan disinfektan. Hal ini perlu disampaikan untuk meningkatkan kepercayaan diri masyarakat untuk melakukan perjalanan udara dengan nyaman dan aman di tengah masa adaptasi kebiasaan baru ini," ujar Faik.

Angkasa Pura I senantiasa berkomitmen untuk konsisten menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan perusahaan dan bandara demi meningkatkan kepercayaan diri masyarakat untuk melakukan perjalanan udara dengan aman dan nyaman di masa adaptasi kebiasaan baru. (omy)