Bandara SAMS Sepinggan Target Pertumbuhan Trafik Tahun 2024 Naik 50 Persen

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 20/Janu/2024 18:09 WIB
Bandara Sepinggan Bandara Sepinggan

BALIKPAPAN (BeritaTrans.com) - General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Ahmad Syuagi Syahab menargetkan pertumbuhan trafik tahun 2024 ini bisa mencapai 50 persen lebih tinggi dari tahun 2023.

"Dari sebelumnya 5 juta penumpang menjadi 7,5 juta penumpang," ujar Syuagi Sabtu (20/1/2024). 

Baca Juga:
Bandara Sepinggan Pastikan Layanan Kepulangan Jemaah Haji Optimal

Trafik Bandara SAMS selama 2023 menunjukkan pertumbuhan positif sepanjang periode Januari-September. Bandara ini telah melayani 3,80 juta orang penumpang dan 37.164 pergerakan pesawat udara, naik masing-masing sebesar 41 persen dan 31 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022, dilasir dari laman kompas.com.

Peningkatan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain animo masyarakat yang mulai kembali melakukan perjalanan bisnis atau wisata keluar daerah dan penambahan beberapa rute baru baik domestik maupun internasional.

Baca Juga:
Perdana Wings Air Buka Rute Balikpapan-Palu, Ini Fakta Menariknya!

"Mulai awal tahun 2023 Bandara SAMS Sepinggan berupaya meningkatkan konektivitas dengan membuka beberapa rute baru baik domestik maupun internasional," katanya.

Sejumlah langkah strategis pun diimplementasikan guna dapat merealisasikan target 2024. 

Baca Juga:
Batik Air Buka Penerbangan dari Halim Perdanakusuma Jakarta Tanpa Transit ke Balikpapan, Makassar dan Lampung

Di antaranya adalah melakukan design and built dan beautifikasi Bandara SAMS yang ditargetkan tuntas pada Maret 2024. 

Kemudian meningkatkan area komersial dengan kondisi aktual lantai 1 dan 3 sudah hampir mencapai 90 persen dan diharapkan Juni 2024 tuntas 100 persen. 

Selanjutnya, menerapkan konsep bandara berbasis Informasi dan Teknologi (IT) di area parkir, check in, terminal, dan lain-lain. 

Adapun meningkatkan customer dan service experience di bandara dengan memutar musik yang tengah hits dan juga tradisional lokal di area-area publik, aroma pandan di selasar kedatangan, pemasangan artwork, dan sebagainya.

"Tak lupa pula, kami kerap menggelar pertemuan (meeting) dengan seluruh maskapai yang dilakukan secara intensif sejak Juli 2023 hingga saat ini guna membahas potensi Bandara SAMS dalam posisinya sebagai pendukung utama bagi kehadiran IKN," tutup Syuagi. (soleh)