KAI Hadirkan Kereta Ekonomi Baru Relasi Jakarta-Malang, Fasilitas Premium dan Kursi Tak Lagi Tegak

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 22/Sep/2023 16:46 WIB
Kursi premium kereta ekonomi generasi baru akan segera hadir dalam rangkaian KA Jayabaya mulai 26 September 2023. (Instagram/@kai121_) Kursi premium kereta ekonomi generasi baru akan segera hadir dalam rangkaian KA Jayabaya mulai 26 September 2023. (Instagram/@kai121_)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) baru saja mengumumkan kehadiran kereta ekonomi generasi baru (new generation) dalam rangkaian kereta api (KA) Jayabaya.

Mulai 26 September 2023 mendatang, KA Jayabaya akan memiliki rangkaian kereta ekonomi dengan kursi yang lebih premium.

Baca Juga:
Harga Tiket Kereta Ekonomi dengan Kursi Premium Sudah Keluar, Mulai dari Rp5000, Ini Rutenya!

Berbeda dengan biasanya, kursi KA Jayabaya generasi baru ini punya tempat duduk lebih nyaman dan tak lagi tegak 90 derajat.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh KAI dalam unggahan terbaru di akun Instagram @kai121_ pada Jumat (22/9).

Melalui unggahan tersebut, KAI mengatakan bahwa rangkaian kereta ekonomi baru ini merupakan hasil modifikasi di Balai Yasa Manggarai.

Setelah melalui proses yang panjang, kereta ekonomi new generation kini ditambahkan pada rangkaian KA Jayabaya dengan rute Stasiun Pasar Senen-Malang (PP).

Hadirnya kereta ekonomi new generation juga sekaligus menjadi upaya KAI untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi para penumpang.

Maka dari itu saat ini, sudah ada 10 kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi oleh Balai Yasa Manggarai, sejak April 2023.

"KAI mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setia yang telah banyak memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan berkelanjutan dalam layanan KAI di segala lini," ujar KAI pada keterangannya.

"Salah satunya adalah melalui modifikasi kereta ekonomi new generation ini, sebagai komitmen KAI untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan selama dalam perjalanan," tambahnya.

Spesifikasi Kereta Ekonomi Terbaru

Diketahui sebelumnya kereta ekonomi new generation merupakan kereta ekonomi jenis long seat tegak lurus dengan kapasitas 80 orang.

Namun kini sudah diubah dengan kursi jenis captain seat yang bisa diatur kemiringannya (reclining) dan arah hadap kursinya (revolving).

Pada versi new generation juga jumlah tempat duduk dikurangi menjadi hanya 72 kursi, sehingga leg room untuk para penumpang jadi lebih luas.

Menariknya kursi jenis baru juga tak hanya bisa disesuaikan tingkat kemiringannya, namun juga bisa diatur searah laju KA atau berhadapan.

Dalam stamformasi KA Jayabaya, kereta ekonomi new generation akan dirangkaikan dengan jenis KA-KA lainnya.

Di antaranya yakni 4 kereta eksekutif, 5 kereta ekonomi new generation dan 1 kereta makan pembangkit (MP3).

Sama seperti umumnya, kereta ekonomi new generation kini tiketnya sudah mulai bisa dipesan di berbagai kanal penjualan.

Baik itu via laman web resmi KAI, aplikasi Access by KAI, atau agen resmi penjualan lainnya.

"Jadi, udah siap menikmati experience baru naik kereta ekonomi new generation?" pungkas KAI.(fhm)