Bandara Sepinggan Pastikan Layanan Kepulangan Jemaah Haji Optimal

  • Oleh : Naomy

Selasa, 18/Jul/2023 12:38 WIB
Ketibaan jemaah haji asal Kalimantan Timur di Bandara Sepinggan Ketibaan jemaah haji asal Kalimantan Timur di Bandara Sepinggan

BALIKPAPAN (BeritaTrans.com) - Sebanyak 297 jemaah haji kelompok terbang (kloter 8) telah tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Jemaah haji tiba menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus 330-900 Neo, Senin (17/7/2023) pukul 21.01 WITA.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan memastikan para jemaah mendapatkan pelayanan optimal, khususnya para lansia yang membutuhkan kursi roda dan bantuan petugas haji.

"Proses penurunan jemaah haji dari pesawat menuju bus yang berada di service road apron bandara, tertib dengan mengatur antrean sehingga jemaah haji merasa nyaman. Antrean tersebut juga mencegah terjadinya kerumunan atau penumpukan di apron bandara," ucap Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan Endah Purnama Sari.

Koordinasi dan kolaborasi intensif terus dilakukan dengan kementerian/lembaga dan stakeholder penerbangan seperti Angkasa Pura I, Garuda Indonesia, Bea dan Cukai, Kantor Imigrasi dan terutama Kementerian Agama Wilayah Kalimantan Timur sebagai leader penyelenggara embarkasi haji Balikpapan.

Endah menambahkan, agar pelaksanaan haji 2023 dengan tema Ramah Lansia terselenggara dengan baik maka penyediaan fasilitas pelayanan kursi roda, personel tambahan, hingga ambulance menjadi perhatian khusus.

"Kami juga pastikan seluruh proses Custom, Immigration, Quarantine (CIQ) dilakukan di Embarkasi Balikpapan, untuk menjaga kelancaran mobilitas jemaah haji," ujarnya.

Masih terdapat 13 kloter haji yang akan kembali ke Indonesia melalui Bandara Sepinggan dari total 21 kloter yang berangkat pada tahun ini. (omy)