Tenaga Kesehatan Jakarta Manfaatkan Bus Angkutan Khusus dari Bekasi

  • Oleh : Fahmi

Senin, 23/Nov/2020 08:57 WIB
Satu unit bus pariwisata dan dua unit bus sekolah yang difungsikan sebagai angkutan khusus tenaga kesehatan DKI Jakarata parkir di Bulan-bulan Jalan Ir H Juanda, Bekasi, Jawa Barat, Senin (23/11/2020). Satu unit bus pariwisata dan dua unit bus sekolah yang difungsikan sebagai angkutan khusus tenaga kesehatan DKI Jakarata parkir di Bulan-bulan Jalan Ir H Juanda, Bekasi, Jawa Barat, Senin (23/11/2020).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Beberapa bus angkutan khusus tenaga kesehatan (nakes) DKI Jakarta, tersedia di Bulan-bulan, Bekasi, Jawa Barat. Bus angkutan bantuan tersebut sangat membantu melayani petugas medis selama pandemi untuk menuju berbagai rumah sakit (RS).

Bus gratis bagi nakes yang terparkir di Jalan Ir H Juanda itu tersedia ada sebanyak empat unit dengan tujuan antara lain RS Umum Daerah Koja, Jakarta Utara, Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat dan RS Persahabatan, Jakarta Timur.

Baca Juga:
Bus Kota dan Penumpang Baris Panjang Depan Gerbang Tol Bekasi Timur

"Yang di sini cuma ada empat bus, yang kecil ada satu dan yang gede ada tiga," kata Abdul Hakim yang merupakan sopir di lokasi, Senin (23/11/2020).

Baca Juga:
Cerita Sopir ALS: Ban Belakang Bus Lepas Kena Rumah

Angkutan bagi tenaga kesehatan tersebut tersedia pukul 6.00, 12.00 dan 18.00. Untuk setibanya kembali mengangkut penumpang pulang dari berbagi RS adalah pada pukul 9.00,15,00 dan 21.30.

Menurut petugas yang merupakan sopir bus RS Persahabatan,mengatakan saat ini bus juga menerapkan jaga jarak dengan pemberian tanda silang pada bangku. Dan disyaratkan juga untuk penumpang yang dikhususkan untuk RS tertentu tidak boleh bercampur dengan nakes dari RS lain walaupun tujuannya sama.

Baca Juga:
Bang Erik Sitepu `Pilot` Bus Adhi Prima: "Artis Palembang!"

Kehadiran transportasi bantuan tersebut dimanfaatkan sekali bagi mobilitas nakes yang ada di seputaran Bekasi.

Salah satunya adalah perawat RSCM, "Selalu naik ini, ya sangat membantu sekali ya," kata Ida di kolasi.

Nakes lain pun mengutarakan perasan yang sama dan telah menggunakan bus bantuan tersebut semenjak awal pandemi Covid-19 dan sangat membantu.

"Naik bus ini membuat jadi gampanglah, karena langsung datang ke tempat kita kerja langsung dianter sampai ke sini(kembali)," kata Daud yang hendak menuju RS Koja.

Untuk menuju haltenya itu, sejumlah penumpang bus bantuan pemerintah DKI tersebut telah menggunakan alat transportasi lain, mulai dari ada keluarga yang mengantarkan dengan menggunakan sepeda motor atau mobil ada juga yang menggunakan ojek online hingga angkutan kota(koasi).