Duh! Pramugari Air India Bocorkan Foto Kabin Pesawat Kepresidenan

  • Oleh : Redaksi

Senin, 30/Nov/2020 22:25 WIB


New Delhi (BeritaTrans.com) - Pesawat atau transportasi Kepresidenan lain adalah barang yang sangat sakral. Itu harus aman dan dirahasiakan.

Nah, kejadian ini tak patut ditiru karena seorang pramugari Air India membocorkan foto kabin pesawat kepresidenan Boeing 777 milik Air India One. Ia lalu ditangguhkan, seperti diberitakan Simple Flying.

Baca Juga:
Pramugari Ini Bagikan Informasi Tentang Apa yang Seharusnya Tidak Pernah Dikonsumsi di Pesawat

Air India One terbaru ini adalah pesawat yang digunakan oleh Perdana Menteri, Presiden, dan pejabat negara lainnya. Pesawat baru sampai pada bulan lalu.

 

Baca Juga:
Hebat! Pilot-Pilot Wanita India Selesaikan Misi Penerbangan Terpanjang

Akses ke pesawat VIP biasanya sangat dibatasi karena alasan keamanan. Pramugari itu pun telah ditangguhkan karena pelanggaran keamanan.

Menurut Times of India, Rabu (11/11/2020) insiden itu terjadi pada penerbangan feri Air India One pertama bulan lalu. Seorang awak kabin senior menggunakan kesempatan tersebut untuk mengambil foto kabin pesawat untuk dibagikan kepada keluarga dan temannya.

Baca Juga:
Air India Luncurkan Penerbangan Langsung Hyderabad-Chicago

Foto-foto ini dengan cepat ada di internet dan dapat diakses secara online. Dari foto itu menunjukkan tata letak kabin, kursi, dan masih banyak lagi.

Air India telah bereaksi dengan menangguhkan tanpa batas waktu awak kabin dan pengawas kabin, yang seharusnya mencegah insiden tersebut. Selain itu, maskapai juga telah mencabut keuntungan dari mantan pilot yang menerima foto tersebut.

Air India juga mengisyaratkan bahwa tindakan yang lebih tegas dapat diambil terhadap lebih banyak pejabat terkait insiden tersebut. Karena keamanan adalah prioritas utama.

Akses ke pesawat VIP biasanya sangat dibatasi untuk mencegah informasi sensitif tentang sistem penerbangan terungkap. Bahkan tur media di pesawat ini juga dikontrol oleh tim keamanan.

Meskipun kru kabin kemungkinan tidak memahami konsekuensi penuh dari pengambilan beberapa foto, hal itu masih merupakan pelanggaran aturan keselamatan. Berikut sebuah pernyataan seorang pejabat kepada Times of India.

"Bukan rahasia lagi bahwa norma keamanan di sekitar pesawat VVIP sangat ketat. Awak yang dipilih untuk mengoperasikan penerbangan tersebut biasanya diberi pengarahan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Tidak jelas mengapa anggota kru menganggap tidak masalah untuk mengambil dan berbagi foto itu," ujar dia.

Pemerintah India baru-baru ini menerima pengiriman dua Boeing 777-300ER yang dimodifikasi khusus untuk perjalanan VVIP. Pesawat ini menggantikan armada 747 Air India yang sudah tua yang sebelumnya digunakan untuk perjalanan resmi.

Air India One baru hadir dengan sistem pertahanan udara canggih dan interior baru. Pesawat tersebut akan digunakan oleh presiden, wakil Presiden, dan perdana menteri India bersama dengan pejabat lainnya.

(lia/sumber:detik.com)