Hadirkan Bus Ramah Disabilitas, DAMRI Raih Penghargaan Predikat Silver DTKJ Awards 2020

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 02/Des/2020 10:53 WIB
DAMRI Raih Penghargaan Predikat Silver dalam DTKJ Awards 2020 DAMRI Raih Penghargaan Predikat Silver dalam DTKJ Awards 2020

JAKARTA (BeritaTrans.com) - DAMRI Raih Penghargaan Predikat Silver dalam DTKJ Awards 2020, DAMRI sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor transportasi darat telah berhasil meraih Predikat Silver dalam ajang penghargaan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Awards 2020 bertema “Transportasi Berkeadilan Untuk Disabilitas” pada Selasa (1/12/2020).

Baca Juga:
Jaringan Transportasi Darat, DAMRI Layani Perintis di Bali

Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Keuangan DAMRI Sri Purwanto, di Hotel Pullman, Menteng, Jakarta Pusat.

Sejauh ini langkah inisiatif yang telah dilakukan DAMRI ialah menghadirkan bus khusus difabel (kursi roda) dalam pengembangan angkutan perkotaan yang ramah disabilitas. 

Baca Juga:
Rem Mendadak Blong, Bus STJ Tabrak 3 Sepeda Motor di Semarang

Sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 98 Tahun 2017 tentang penyediaan aksesibilitas pada pelayanan jasa transportasi publik bagi pengguna jasa berkebutuhan khusus, DAMRI selaku pelaku sektor transportasi darat sudah melayani operasional bus disabilitas sejak tahun 2019. 

Hal tersebut dilakukan karena adanya kebutuhan aksesibilitas transportasi untuk para penyandang disabilitas serta sejalan dengan kewajiban dari pemerintah pusat maupun daerah dalam pemenuhan kebutuhan layanan transportasi untuk disabilitas.

Baca Juga:
Seorang Kakek Tewas Setelah Tertabrak Bus di Aceh

Penghargaan bagi DAMRI ini merupakan apresiasi atas upaya yang termasuk dalam kategori “fasilitas sarana dan prasarana transportasi yang ramah disabilitas”.

Penghargaan ini sekaligus memberikan tambahan semangat bagi seluruh Insan DAMRI sekaligus tantangan untuk mampu beradaptasi dan berinovasi seiring pesatnya kemajuan teknologi. 

Juga teralisasikannya desain bus perkotaan yang ramah disabilitas, penggunaan kursi prioritas yang bisa dilipat agar dapat memaksimalkan daya angkut bus diiringi dengan penambahan lengan hidrolik merupakan solusi yang dapat diterapkan pada bus.(ahmad)