Menhub: Penyetaraan dari Jabatan Administrasi ke Fungsional untuk Birokrasi Gesit

  • Oleh : Naomy

Senin, 28/Des/2020 19:53 WIB
Menhub menyaksikan penandatangan penyetaraan Pejabat Administrasi ke Fungsional Menhub menyaksikan penandatangan penyetaraan Pejabat Administrasi ke Fungsional

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melantik penyetaraan 629 Eselon III dan IV dari Administrasi menjadi Pejabat Fungsional di Jakarta, Senin (28/12/2020).

Dari total penyetaraan sebanyak 629 jabatan di Lingkungan Kementerian Perhubungan dengan rincian jabatan administrasi atau Eselon III sebanyak 181 jabatan dan jabatan pengawas atau Eselon IV sebanyak 448 jabatan. 

Baca Juga:
BPSDMP Bersama ITC Tingkatkan Bahasa Inggris Taruna Kemenhub

“Tujuan utama penyetaraan adalah menciptakan birokrasi yang gesit dan cekatan, serta pelaksanaan restrukturisasi organisasi, dan penyederhanaan birokrasi demi terselenggaranya fungsi kepemerintahan yang efektif dan efisien khususnya dalam rangka percepatan proses pengambilan keputusan dan peningkatan pelayanan,” urai Menhub.   

Dijelaskannya, penyetaraan jabatan ini ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan memerhatikan kompetensi serta kesesuaian tugas dan fungsi dari jabatan administrasinya sehingga tetap sejalan dengan tugas dari jabatan fungsional yang dijabat.  

Baca Juga:
Cris Kuntadi Raih Gelar Professor dari Universiti Geomatika Malaysia

Dia juga menegaskan bahwa penyetaraan jabatan ini tidak berpengaruh terhadap tugas, kewajiban, dan tanggung jawab. 

“Bagi saudara yang sebelumnya menduduki jabatan administrator eselon III saat ini juga menjadi koordinator dalam pelaksanaan tugas unit kerja eselon III dimana saudara ditugaskan, sedang bagi saudara yang sebelumnya menduduki jabatan pengawas atau eselon IV saat ini juga menjadi sub koordinator dalam jabatan tugas unit kerja sama di mana saudara ditugaskan,” ungkap Menhub. 

Baca Juga:
Sesjen Kemenhub Lantik 5 Pejabat Eselon II, 24 Eselon III dan 14 Eselon IV

Dia berharap, melalui penyetaraan jabatan ini, kinerja Kemenhub semakin meningkat, proses pengambilan keputusan menjadi lebih cepat, dan pelayanan ke masyarakat juga dapat ditingkatkan. 

Dengan begitu, tujuan utama dari penyetaraan jabatan ini dapat terwujud. 

Turut hadir pada acara Pelantikan diantaranya, Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono, Irjen Kementerian Perhubungan I Gede Pasek Suardika, dan para pejabat eselon I di Lingkungan Kemenhub.. 

Sejumlah pejabat yang dilantik hadir langsung di Kantor Kemenhub dengan menerapkan protokol kesehatan, sementara pejabat lainnya mengikuti pelantikan secara virtual. (omy)