INKA Uji Operasional Bus Listrik E-Inobus

  • Oleh : Bondan

Minggu, 10/Janu/2021 22:19 WIB
Bus Listrik E-Inobus. Foto: Twitter @kemenBUMN Bus Listrik E-Inobus. Foto: Twitter @kemenBUMN

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengenalkan bus listrik buatan dari PT Industri Kereta Api Persero (INKA).

“Kenalin nih E-Inobus, Bus bertenaga listrik buatan PT INKA (Persero),” tulis akun twitter Kementerian BUMN yang dikutip BeritaTrans.com, Jakarta, Minggu (10/1/2021).

Baca Juga:
BPTJ Sebut Transjakarta Siap Jadi Operator JR Connexion dan Transjabodetabek

E-Inobus ini merupakan kerjasama PT INKA (Persero) dengan Tron-E dari Taiwan sebagai mitra komponen drive train dan baterai bus serta Piala Mas dari Malang sebagai mitra pembuatan bodi bus listrik.

Baca Juga:
26 Bus Listrik Resmi Mengaspal, Diluncurkan Dishub Provinsi DKI Jakarta, TransJakarta dan DAMRI

Bus listrik E-Inobus ini membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam dalam pengisian dayanya sampai penuh. Tingkat kebisingan bus listrik ini jauh lebih rendah yakni rata-rata sebesar 71dB, dibandingkan dengan bus diesel yang mencapai 85 dB.

Baca Juga:
Mengaspal Segera, Bus Listrik DAMRI Siap Beroperasi di Jakarta

Bus Listrik E-Inobus produksi PT INKA (Persero) telah melakukan uji operasional yang diujicobakan di Jawa Timur. Kali ini, uji operasional kembali dilakukan di Jakarta dengan melibatkan pihak Transjakarta. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui performansi baterai, motor dan sebagainya pada rute operasional Transjakarta.

Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui performansi baterai, motor dan sebagainya pada rute Transjakarta. Saat ini INKA tengah menawarkan E-Inobus ke Transjakarta dengan ukuran 8 meter.

Dalam pengujian E-Inobus ini terbilang tentatif yang dimulai 23 Desember 2020 hingga 6 April 2021. Adapun pra-pengujiannya dilakukan selama 2 minggu. Kemudian dilanjutkan dengan uji operasional selama 3 bulan. (Twitter: @kemenBUMN)