Kecelakaan Pesawat Udara: Ini yang Dilakukan Investigator

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 12/Janu/2021 00:35 WIB
Pesawat terkadang akan dipasang kembali di hanggar. Foto: Getty Images. Pesawat terkadang akan dipasang kembali di hanggar. Foto: Getty Images.

SEMUA investigasi kecelakaan udara mengikuti proses yang ditetapkan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO). Secara spesifik, proses-proses ini dijabarkan dalam Lampiran 13 dari Konvensi Penerbangan Sipil Internasional, yang juga dikenal sebagai Konvensi Chicago.

Yang terlibat dalam penyelidikan adalah organisasi pemerintah di negara tempat kecelakaan itu terjadi. Mereka juga memiliki opsi untuk meminta bantuan dari negara lain, jika merasa tidak memiliki alat dan pengetahuan yang tepat untuk melakukan penyelidikan.

Baca Juga:
Daftar Tarif RT-PCR Penumpang Garuda, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Citilink

Selain itu, negara tempat pesawat diproduksi serta negara tempat pendaftaran pesawat akan dilibatkan. Inilah sebabnya, dalam kasus yang melibatkan pesawat Boeing, misalnya, Federal Aviation Administration (FAA) akan dipanggil untuk membantu.

Iran-ukraine-737-black-box-analysis-gettyKanada  terlibat dalam investigasi kecelakaan pesawat Ukraine Airlines di Iran. Foto: Getty Images

Baca Juga:
Mulai 10 September, Sriwijaya Buka Rute Baru Makassar-Ambon-Langgur

Negara lain dapat memilih untuk terlibat dalam penyelidikan berdasarkan minat khusus. Misalnya, dalam kasus penerbangan Ukraine International Airlines PS752, banyaknya penumpang Kanada di dalam pesawat menunjukkan bahwa Kanada sangat terlibat dalam proses investigasi.

Untuk mengetahui bahwa telah terjadi kecelakaan udara, para penyelidik akan bergerak untuk memulai studi mereka tentang insiden tersebut.

Baca Juga:
Mulai 10 September, Sriwijaya Air Terbangi Rute Makassar, Ambon, Langgur PP

Awalnya, penyelidik yang bertugas akan memastikan aman bagi penyelidik lain untuk mengunjungi bangkai kapal. Ini termasuk memastikan tidak ada kargo berbahaya, bahan beracun, benda tajam, atau peralatan bertekanan di lokasi.

Penyelidik kemudian akan mengunjungi tempat kejadian untuk mengambil foto dan video penilaian dari situs tersebut. Mereka akan mengumpulkan bukti fisik sebanyak mungkin, serta melakukan wawancara dengan saksi mata.

Dengan menggunakan rongsokan sebagai petunjuk, mereka akan memetakan cara pesawat menghantam tanah, menggunakan distribusi puing untuk menunjukkan sudut benturan.

Sebanyak mungkin pesawat akan diselamatkan dan dipasang kembali di suatu tempat seperti hanggar. Ini membantu simpatisan untuk menentukan apa yang terjadi, dan untuk melihat bagian mana yang masih hilang.

air crash investigationPesawat terkadang akan dipasang kembali di hanggar. Foto: Getty Images.

Prioritas utama dalam tahap awal ini adalah mengambil kembali 'kotak hitam' pesawat. Dua perangkat semacam itu dipasang di semua pesawat komersial - perekam suara kokpit dan perekam data penerbangan.

Yang pertama, seperti yang Anda duga, merekam percakapan di kokpit, termasuk dengan pengatur lalu lintas udara, sedangkan yang terakhir menyimpan informasi tentang penerbangan seperti ketinggian, input kontrol penerbangan, dan pembacaan instrumen.

air crash investigationMenemukan dua kotak hitam akan menjadi prioritas. Foto: Getty Images

Investigasi teknis

Sementara penyelidik lokasi kecelakaan sibuk mengumpulkan informasi, kelompok lain dibawa untuk melihat aspek teknis dari kecelakaan itu. Spesialis ini dapat membongkar bagian-bagian pesawat, seperti mesin atau komponen lainnya, dan dapat menggunakan simulator penerbangan untuk menciptakan kembali momen-momen menjelang kecelakaan itu.

Mereka juga akan meninjau bukti seputar kecelakaan tersebut, seperti pengalaman dan pelatihan awak, catatan perawatan pesawat, dan faktor eksternal seperti cuaca.

Mereka akan mewawancarai korban selamat dan individu yang terlibat dalam operasi penyelamatan. Pada saat yang sama, ahli forensik dan medis akan menganalisis jenazah korban untuk menguji obat-obatan, alkohol, dan faktor yang mempengaruhi lainnya.

Dalam beberapa kasus, di mana kecelakaan udara sangat terkenal, audiensi publik akan dilakukan untuk menyebarkan temuan penyelidikan. Ini membantu memastikan transparansi penuh dan pemahaman publik tentang apa yang sedang terjadi.

Dalam 30 hari setelah kecelakaan itu, tim penyelidik harus merilis laporan awal mereka. Terkadang laporan akhir bisa memakan waktu satu tahun atau lebih untuk diproduksi, tergantung pada seberapa kompleks masalah seputar kecelakaan itu.

Laporan akhir ini harus mengidentifikasi apa yang terjadi dan tidak terjadi, bagaimana hal itu berkontribusi pada crash dan faktor apa yang mempengaruhi yang terlibat.

Dalam situasi kompleks di mana laporan membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk diproduksi, penyelidik harus merilis pembaruan pada hari peringatan kecelakaan, merinci kemajuan apa yang telah dibuat hingga saat ini.

air crash investigationInvestigasi dimaksudkan untuk meningkatkan keselamatan di masa depan, bukan untuk menyalahkan secara adil. Foto: Getty Images

Bahkan sebelum laporan akhir dirilis, penyidik ​​dapat membuat rekomendasi untuk perbaikan keselamatan. Misalnya, saat Lion Air 737 MAX jatuh, dengan cepat teridentifikasi bahwa perbaikan perangkat lunak diperlukan. Boeing sedang mengerjakan ini ketika kecelakaan Ethiopian Airlines terjadi.

Hasil akhir akan menginformasikan kepada publik tentang apa yang terjadi, akan menguraikan semua rekomendasi keselamatan dari investigasi dan akan menandai kesimpulan dari investigasi.

Laporan ini ditujukan untuk meningkatkan keselamatan penerbangan, daripada mencari seseorang untuk disalahkan.

(jasmine/sumber: simpleflying.com).

Tags :