Demokrat Ultimatum Wapres Pence untuk Lengserkan Trump: Presiden Menjadi Sumber Ancaman

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 12/Janu/2021 00:50 WIB


WASHINGTON (BeritaTrans.com) - Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi meningkatkan tekanan terhadap Wakil Presiden Mike Pence agar melengserkan Donald Trump dari jabatannya terkait penyerbuan di Kongres pekan lalu.

Melalui surat kepada anggota DPR, Pelosi menekankan perlunya resolusi agar Pence menerapkan mekanisme Amandemen ke-25 konstitusi, untuk menyatakan bahwa Trump tak lagi layak menjabat sebagai presiden.

Baca Juga:
Kasino 39 Lantai Milik Donald Trump Dihancurkan

DPR bisa menggelar pemungutan suara untuk menyetujui resolusi hari Selasa (12/01). Setelah itu, Pence dan kabinet diberi waktu 24 jam untuk bertindak.

Pelosi mengatakan "tindakan harus diambil secepatnya karena Trump sudah menjadi sumber ancaman".

Baca Juga:
Donald Trump Tidak Akan Diizinkan Lagi Miliki Akun di Twitter

"Serangan terhadap demokrasi, yang dilakukan oleh presiden, meningkat dan karenanya tindakan [untuk menghentikan serangan] juga harus ditingkatkan," kata Pelosi.

Trump wants Supreme Court’s OK to block critics on Twitter

Baca Juga:
Voting Senat AS Tetapkan Sidang Pemakzulan Donald Trump Konstitusional

Beberapa laporan menyebutkan, Pence "tidak setuju dengan langkah tersebut".

Jika memang ia tidak setuju, DPR akan menggelar pemungutan suara untuk memakzulkan Trump karena telah memerintahkan para pendukung untuk menyerbu Kongres di Gedung Capitol.

Pihak Demokrat dan sejumlah politisi Republik menuduh Trump sebagai penyebab kerusuhan di Gedung Capitol, setelah berulang kali menyatakan bahwa pemilihan presiden "dicurangi", namun ia tak pernah mengajukan bukti atas klaim kecurangan yang dimaksud.

Penyerbuan ke Gedung Capitol ini menyebabkan lima orang tewas, termasuk seorang anggota polisi.

Trump tidak mengeluarkan pernyataan terbuka terkait perkembangan ini, setelah beberapa penyedia media sosial, termasuk Twitter, melarangnya menggunakan platform mereka.

Ia dijadwalkan mengakhiri masa jabatan pada 20 Januari, ketika politisi Demokrat resmi disumpah menjadi presiden AS yang baru. Trump sudah menyatakan ia tidak akan hadir di acara pelantikan Biden.

Penghasutan dan pemberontakan

Terkait proses pemakzulan, Partai Demokrat di DPR berencana untuk mengajukan dakwaan "penghasutan untuk pemberontakan" terhadap sang presiden atas perannya dalam penyerbuan di gedung Capitol.

James Clyburn, yang merupakan politikus tertinggi ketiga partai Demokrat di DPR, mengatakan kepada CNN akan ada tindakan yang diambil pada minggu ini.

Anggota kongres dari South Carolina James Clyburn

Anggota kongres dari South Carolina James Clyburn, dipotret bersama Ketua DPR Nancy Pelosi, adalah sekutu kuat Joe Biden. Foto: Getty Images.

Namun partai tidak akan mengirim pasal-pasal pemakzulan ke Senat sampai setelah 100 hari pertama Joe Biden menjabat.

"Mari kita beri Presiden terpilih Biden 100 hari yang ia butuhkan untuk menjalankan agendanya," kata Clyburn.

Itu akan memungkinkan Biden untuk mengukuhkan kabinet barunya dan memulai sejumlah kebijakan utama termasuk mengatasi virus corona — langkah yang akan tertunda jika Senat sudah menerima pasal-pasal pemakzulan.

Trump belum membuat pernyataan publik sejak akunnya ditangguhkan dari beberapa platform media sosial - termasuk Twitter - pada hari Jumat.

Namun, pada hari Minggu, Gedung Putih mengumumkan bahwa presiden akan berangkat ke Texas pada hari Selasa untuk mengunjungi bagian tembok perbatasan dengan Meksiko. Sang presiden bermaksud menyoroti pencapaian pemerintahannya di sana.

Partai Demokrat serta semakin banyak anggota partai Republik menuduh Trump mendorong kerusuhan di Kongres pada Rabu lalu.

Namun tidak ada senator Republik yang berkata mereka akan menyatakan sang presiden bersalah.

Senator Republik Pat Toomey meminta Trump untuk mengundurkan diri pada hari Minggu.

"Saya pikir jalan terbaik bagi negara kita .... adalah presiden mengundurkan diri dan pergi secepat mungkin," kata Senator Toomey kepada acara Meet the Press di stasiun televisi NBC.

"Saya mengakui bahwa itu kemungkinannya kecil, tetapi saya pikir itu yang terbaik."

Lisa Murkowski, dari Alaska, adalah senator Republik pertama yang mendesak presiden untuk mundur. Ben Sasse, senator Republik dari Nebraska, berkata dia akan mempertimbangkan pasal-pasal pemakzulan jika disetujui oleh DPR.

Sementara itu, mantan gubernur California dari Partai Republik Arnold Schwarzenegger menyebut Trump sebagai "presiden terburuk yang pernah ada" dalam sebuah video yang diunggah ke media sosial pada hari Minggu.Sang aktor menyamakan kekerasan pada hari Rabu dengan peristiwa Kristallnacht, atau Malam Kaca Pecah, ketika properti milik orang-orang Yahudi dihancurkan di Jerman yang dikuasai Nazi pada tahun 1938.

Sementara penyidik berusaha menuntut para perusuh yang menyerbu Capitol, departemen kepolisian di Virginia dan negara bagian Washington telah memberhentikan sementara sejumlah petugas karena diduga menghadiri acara tersebut saat tidak bertugas.

Departemen pemadam kebakaran di Florida dan New York City juga berkata beberapa anggota mereka mungkin hadir ketika massa merangsek ke Capitol, menurut kantor berita Reuters.

Gedung Putih menepis pemakzulan ini sebagai "langkah politik" yang "hanya akan memecah belah negara besar kita".

Jika prosesnya berlanjut, Trump bisa menjadi satu-satunya presiden dalam sejarah AS yang dimakzulkan dua kali.

Supaya itu terjadi, dakwaan pemakzulan harus dibawa ke DPR dan disahkan dalam pemungutan suara.

"Mungkin Selasa atau Rabu sebelum tindakan diambil," kata Clyburn kepada CNN, "tapi saya rasa itu akan diambil minggu ini."

Joe BidenJoe Biden akan dilantik sebagai presiden Amerika Serikat pada 20 Januari. Foto: Niall Varson/PA.

Proses selanjutnya berlangsung di Senat, tempat suara dua pertiga anggota diperlukan untuk mencopot presiden. Jika dia terbukti bersalah, Senat juga dapat mengadakan pemungutan suara untuk melarang Trump memegang jabatan publik lagi.

Namun, Clyburn, anggota kongres dari Carolina Selatan, mengatakan dia berpikir tidak akan mungkin memakzulkan dan mengadakan persidangan sebelum Trump turun dari jabatannya dalam waktu 10 hari.

Sebaliknya, Demokrat sedang mempertimbangkan untuk menunda pengiriman pasal-pasal pemakzulan ke Senat.

Mereka telah meminta Wakil Presiden Mike Pence untuk menjalankan Amandemen ke-25, yang memungkinkannya untuk menjadi pelaksana tugas presiden.

(jasmine/sumber: bbc.com)