Ketua KNKT: Pembacaan Data Kotak Hitam FDR Sriwijaya Air SJ 182 Butuh Maksimal 5 Hari

  • Oleh : Naomy

Rabu, 13/Janu/2021 06:37 WIB
Pengumumuman saat kotak hitam FDR ditemukan Pengumumuman saat kotak hitam FDR ditemukan

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transpprtasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, dengan ditemukannya kotak hitam FDR (flight data recorder, maka KNKT dapat segera melakukan pembacaan data yang akan memakan waktu 2-5 hari. 

“Semoga dapat segera mengungkap apa yang menjadi penyebab kecelakaan dari pesawat ini dan menjadi pembelajaran agar kejadian ini tidak terulang lagi kedepannya," ujar Soerjanto, Selasa (12/1/2021).

Baca Juga:
Kemenhub Bekukan 3 Rute Penerbangan yang Tiketnya Dijual Maskapai Terlalu Murah

Tujuan investigasi dari KNKT adalah untuk meningkatkan keselamatan transportasi.

Penyerahan FDR kepada KNKT turut disaksikan juga oleh Dirut Jasa Raharja Budi Rahardjo dan Dirut Sriwijaya Air Jefferson Irwin Jauwena. 

Baca Juga:
Awal Februari, KNKT Umumkan Hasil Investigasi Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182

Diberitakan sebelummya, FDR diserahkan secara resmi oleh Panglima TNI kepada Kepala Basarnas, dan selanjutnya akan diserahkan oleh Ketua KNKT untuk dilakukan investigasi lebih lanjut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi kerja tim yang dengan segera dapat menemukan kotak hitam FDR.

Baca Juga:
Operasi SAR Musibah Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Dihentikan, Besok Tabur Bunga

“Seperti diketahui bahwa FDR berhasil ditemukan hari ini. Kami sampaikan terima kasih kepada Tim Gabungan dari TNI, PORI, Basarnas, KNKT, dan stakeholder terkait lainnya yang telah bekerja secara apik. Kami harapkan kolaborasi pencarian dapat tetap berjalan baik, karena CVR masih harus ditemukan, begitupula dengan jenazah korban dan beberapa potongan pesawat yang harus ditemukan,” urai Menhub.(omy)