KNKT Berhasil Unduh Data Kotak Hitam FDR Sriwijaya Air SJ 182

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 15/Janu/2021 13:32 WIB
Kotak hitam FDR Kotak hitam FDR


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyampaikan bahwa pihaknya telah berhasil unduh data kotak hitam flight data recorder (FDR) Sriwijaya Air SJ 182.

"Sejak 13 Januari sudah diunduh, ada 330 parameter dan semua dalam kondisi baik. Saat ini sedang dipelajari," ujar Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, Jumat (15/1/2021).

Baca Juga:
AirAsia Diskusi Keselamatan Penerbangan Bareng KNKT dan INACA

Sebelumnya Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Capt. Nurcahyo Utomo mengemukakan, pihaknya tekah menerima Crash Survivable Memory Unit (CSMU).

CSMU memrupakan bagian dari kotak hitam yang paling tahan benturan dan tahan panas hingga suhu 1.000 derajat celcius selama satu jam.

Baca Juga:
KNKT: Sepanjang 2023, Kecelakaan Moda Penerbangan Mendominasi

"Sebelum proses pengunduhan data, perlu ada treatment khusus yang harus dilakukan. Kami membershkan unit memori dari kotoran dan sisa-sisa garam yang menempel karena terendam air laut," urainya.

Sebelumnya juga diungkapkan bahwa berdasarkan ADS-B dan wreckage engine, kedua mesin pesawat masih beroperasi atau hidip sampai pesawat membentur air.

Baca Juga:
KNKT: Transportasi Udara Sumbang Angka Kecelakaan Tertinggi yang Diinvestigasi

Saat ini KNKT masih menunggu hasil pencarian kotak hitam cockpit voice recorder (CVR) yang masih dilakukan tim gabungan. (omy)