Apa Saja yang Terjadi pada Hari Pelantikan Joe Biden dan Wakilnya Kamala Harris?

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 17/Janu/2021 19:14 WIB
FOTO: GETTY IMAGES FOTO: GETTY IMAGES

Washington (BeritaTrans.com) - Presiden terpilih Joe Biden secara resmi belum akan menempati Gedung Putih sebelum hari pelantikannya - semacam parade politik, ketika politikus Demokrat itu dan wakil presiden terpilih Kamala Harris akan disumpah.

Inilah sejumlah hal yang layak diketahui tentang hari besar itu, mulai dari daftar tamu dan perubahan-perubahan karena pandemi Covid-19, hingga kekhawatiran akan keamanan.

Baca Juga:
Taiwan Diundang ke Pelantikan Presiden AS, Kali Pertama Sejak 1979

Pelantikan presiden AS

Pelantikan adalah upacara resmi yang menandai awal masa jabatan presiden dan acara ini berlangsung di Washington DC.

Baca Juga:
Donald Trump Bakal Tinggalkan Washington Rabu Pagi Sebelum Pelantikan Joe Biden

Satu-satunya ciri dalam acara ini adalah presiden terpilih mengucapkan sumpah sebagai presiden: "Saya berjanji bahwa saya dengan sungguh-sungguh akan melaksanakan tugas dan kewajiban saya sebagai presiden Amerika Serikat, dan akan berusaha maksimal sesuai kemampuan untuk mempertahankan, melindungi dan membela Konstitusi Amerika Serikat."

Begitu selesai mengucapkan sumpah itu, Biden akan menjadi presiden ke-46 dan selesailah proses pelantikan(tetapi acara akan dilanjutkan dengan perayaan).

Baca Juga:
Militer Amerika konfirmasi Joe Biden Sebagai Panglima Tertinggi ke-46

Kamala Harris akan menjadi wakil presiden begitu ia diambil sumpahnya. Pengambilan sumpah wapres biasanya dilakukan sebelum pengambilan sumpah presiden.

Kapan Biden dilantik?

Berdasarkan undang-undang, pelantikan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari. Pidato pembukaan biasanya diadakan pada sekitar pukul 11:30 waktu setempat dan Joe Biden dan Kamala Harris akan diambil sumpahnya pada tengah hari.

Biden akan mulai menempati Gedung Putih pada hari yang sama sesudah pelantikannya. Tempat baru itu akan menjadi kediamannya selama empat tahun ke depan.

Memorabilia pelantikan 2021

SUMBER GAMBAR,GETTY IMAGES

Pernak pernik khas pelantikan sudah banyak tersedia.

 

Bagaimana dengan aspek pengamanan ?

Pelantikan presiden biasanya disertai dengan rencana pengamanan yang terperinci, apalagi sekarang,setelah massa menyerang Capitol atau gedung Kongres pada tanggal 6 Januari lalu.

Lebih dari 10.000 pasukan Garda Nasional diterjunkan di wilayah ibu kota. Sekitar 5.000 lainnya siap dikerahkan jika diperlukan.

Dalam pelantikan Donald Trump empat tahun lalu, sekitar 8.000 personel Garda Nasional diterjunkan.

Ketika Biden dilantik, Washington DC masih berada dalam keadaan darurat, status yang diberlakukan atas perintah Wali Kota Muriel Bowser menyusul kerusuhan.

Kepada wartawan, Biden mengaku "tidak khawatir akan keselamatan saya, keamanan, atau pelantikan".

Namun Senator Amy Klobuchar, anggota komite pelantikan Biden, yang juga berada di gedung Capitol saat diserbu, mengatakan ia berharap ada perubahan besar terkait pengamanan.

Apakah Trump akan hadir?

Presiden yang masa jabatannya berakhir biasanya menghadiri acara pelantikan presiden baru, yang dapat membuat suasana canggung.

Tahun ini, ada suasana canggung yang berbeda: presiden yang masa jabatannya berakhir tidak akan hadir.

"Kepada mereka yang telah bertanya, saya tidak akan menghadiri Pelantikan pada tanggal 20 Januari," kata Trump dalam cuitnya.

Pernyataan itu ia keluarkan tak lama setelah sang presiden menyampaikan komitmennya terhadap peralihan kekuasaan "yang tertib" ke "pemerintahan baru" - pengakuan paling gamblang secara terbuka sejauh ini bahwa ia kalah dari Biden.

Donald Trump dan Barack Obama

SUMBER GAMBAR,GETTY IMAGES

Barack Obama hadir dalam pelantikan Donald Trump.

 

Ketika Trump dilantik, Hillary Clinton mendampingi suaminya, mantan Presiden Bill Clinton, dalam acara pelantikan - hanya dua bulan sesudah ia dikalahkan dalam pemilihan presiden dan sesudah kampanye yang berjalan panas.

Hanya tiga presiden - John Adams, John Quincy Adams dan Andrew Johnson - yang sengaja memilih tidak menghadiri pelantikan pemilihnya, dan tidak ada satu pun yang absen dalam abad ini.

Bagaimana Covid-19 mempengaruhi pelantikan tahun ini?

Dalam situasi normal, Washington DC biasanya dikunjungi oleh ratusan ribu pengunjung untuk menyaksikan pelantikan. Mereka memadati National Mall dan membuat tingkat okupansi hotel penuh - sekitar dua juta orang berkunjung ke ibu kota Amerika Serikat (AS) ketika Presiden Obama dilantik untuk masa jabatan pertama tahun 2009.

Namun tahun ini, skala perayaan akan "sangat terbatas", kata tim Biden, dan menyerukan kepada rakyat Amerika untuk tidak datang ke ibu kota. Seruan serupa juga dikeluarkan oleh pihak berwenang Washington DC menyusul serangan terhadap Kongres.

Biden dan Kamala Harris akan disumpah di depan Capitol, menghadap ke arah Mall (tradisi ini dimulai pada era Presiden Ronald Reagan pada tahun 1981) namun anjungan penonton yang telah didirikan di sepanjang rute parade sekarang dibongkar.

Persiapan pelantikan Joe Biden

SUMBER GAMBAR,GETTY IMAGES

Panggung untuk pelantikan didirikan di depan gedung Kongres, Capitol.

 

Di masa lalu, tersedia 200.000 tiket untuk menyaksikan langsung upacara pelantikan, tetapi tahun ini hanya ada sekitar 1.000 tiket karena penularan virus corona di AS masih tinggi.

Setelah presiden baru melakukan inspeksi pasukan, Biden dan Harris bersama pasangan masing-masing akan dikawal menuju Gedung Putih oleh anggota militer, termasuk korps musik.

Bagaimana orang mendapatkan tiket pelantikan?

Mereka yang hendak menyaksikan pelantikan harus mengantongi tiket di tempat yang disediakan tempat duduk dan di tempat berdiri di dekat panggung dan juga tempat duduk di sepanjang rute parade di tahun-tahun normal, tetapi di luar tempat-tempat itu National Mall terbuka untuk umum.

Jika warga AS ingin menghadiri langsung upacara pelantikan, mereka perlu terlebih dulu menghubungi wakil rakyat mereka masing-masing.

Pesta perayaan pada malam hari dan juga acara-acara lain yang terkait di Washington DC memerlukan tiket yang berbeda.

Pelantikan Barack Obama pada tahun 2009

SUMBER GAMBAR,GETTY IMAGES

Pelantikan Barack Obama untuk masa jabatan pertama tahun 2009 dilaporkan dihadiri langsung oleh sekitar dua juta orang.

 

Senator dan anggota Kongres adalah pemegang tiket. Masing-masing dialokasikan sejumlah tiket gratis yang dapat mereka distribusikan.

Pandemi tahun ini memaksa pembatasan tiket.

Siapa saja yang akan tampil untuk menghibur?

Joe Biden belum mengumumkan siapa yang akan tampil di panggung. Diperkirakan akan ada bintang-bintang tersohor.

Pada tahun-tahun sebelumnya, presiden baru mengundang sejumlah bintang paling populer. Pada tahun 2009, Aretha Franklin tampil dalam pelantikan Barack Obama untuk membawakan lagu My Country 'Tis of Thee. Beyoncé tampil dalam pesta pelantikan dan menyanyikan At Last.

Beyonce, pelantikan Obama tahun 2013

SUMBER GAMBAR,GETTY IMAGES

Beyonce tampil dalam pelantikan Obama untuk masa jabatan kedua pada tahun 2013.

 

Dalam acara pelantika masa jabatan kedua pada 2013, President Obama mengundang Kelly Clarkson dan Jennifer Hudson. Beyoncé juga kembali diundang, kala itu untuk menyanyikan lagu kebangsaan AS.

Donald Trump dilaporkan menemui kesulitan memesan para bintang terkenal. Elton John menolak tawaran Trump untuk tampil, dan berbagai laporan menyebutkan Celine Dion, Kiss dan Garth Brooks juga menolak tawaran. Akhirnya, Rockettes, penyanyi country Lee Greenwood, dan band 3 Doors Down tampil dalam acara pelantikan Trump.

Mengapa pelantikan diselenggarakan pada bulan Januari?

Tak selamanya pelantikan diadakan pada bulan Januari- Konstitusi semula menetapkan tanggal 4 Maret sebagai hari pengambilan sumpah.

Menetapkan tanggal empat bulan sesudah pemilihan pada bulan November adalah suatu hal logis ketika itu, mengingat diperlukan waktu lama bagi hasil pemilihan untuk sampai di ibu kota dari berbagai penjuru negeri.

Namun dengan pemilihan tanggal itu juga bermakna bahwa apa yang disebut bebek lumpuh - periode ketika presiden yang masa jabatannya hampir berakhir tetapi masih resmi menjabat - cukup lama.

Pada akhirnya, karena kemajuan zaman memudahkan penghitungan suara dan melaporkan hasilnya, kerangka waktu yang lama itu diubah.

Amendemen ke-20, yang diratifikasi pada tahun 1933, menetapkan presiden baru dilantik pada tanggal 20 Januari.

(sumber:bbcindonesia.com)