Bareng Istri Tinggalkan Gedung Putih, Trump Tak Hadiri Pelantikan Joe Biden

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 20/Janu/2021 23:31 WIB


WASHINGTON DC (BeritaTrans.com) - Joe Biden akan dilantik sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat pada Rabu (20/01) sebelum tengah hari waktu setempat (atau tengah malam WIB), dan akan segera mengambil sejumlah langkah penting.

Biden akan diambil sumpahnya bersama wakil presiden terpilih Kamala Harris, perempuan pertama yang menjabat posisi ini.

Baca Juga:
Donald Trump dan Keluarganya kini Dijerat Kasus Pidana Pajak usai Lolos dari Pemakzulan, Bagaimana Perkembangan Penyelidikannya?

Setelah diambil sumpah, Biden akan pindah ke Gedung Putih, kediamannya untuk empat tahun ke depan.

Sementara itu, Trump telah meninggalkan Gedung Putih pada sekitar pukul 08:00 waktu setempat (20:00 WIB).

Baca Juga:
Sayang Cucu, Joe Biden Boyong Tempat Tidur Bayi ke Gedung Putih

Trump di Gedung​​​​​Trump meninggalkan Gedung Putih untuk terakhir kalinya pada Rabu pagi (20/01) waktu Washington. Foto: Reuters

Ditemani oleh Ibu Negara Melania, Donald Trump meninggalkan Gedung Putih untuk terakhir kalinya dalam masa jabatannya.

Baca Juga:
Mantan Presiden Trump Terancam Diusir dari Rumah, Ngeri Kali!

Mereka menghadiri acara perpisahannya di Pangkalan Gabungan Andrews. Dalam pidato singkat, Trump menggambarkan kesulitan yang dialami selama empat tahun menjadi presiden, demi kepentingan rakyat Amerika.

"Kita berusaha maksimal, sebagaimana istilah yang digunakan di kalangan atlet, kita kerahkan segala daya untuk mengatasi masalah," kata Trump.

"Kita mengalami banyak hambatan, dan kami melewati rintangan-rintangan itu."

Trump bersama istri kini telah meninggalkan pangkalan itu dengan menggunakan pesawat Air Force One, diiringi lagu My Way dari Frank Sinatra.

Trump

Presiden Trump menyampaikan pidato perpisahan di Andrews Air Base. Foto: Reuters.

Mereka menuju kediaman pribadi di resor Mar-a-Lago, Palm Beach, Florida.

Sekitar 25.000 tentara telah berjaga-jaga di seputar upacara pelantikan ini setelah kerusuhan mematikan di Gedung Capitol pada tanggal 6 Januari lalu.

Donald Trump memutuskan tidak menghadiri upacara pelantikan ini. Ia tercatat sebagai presiden keempat yang menolak menghadiri pelantikan penerusnya dalam sejarah AS.

Di antara mantan presiden yang akan hadir adalah Barack Obama, Bill Clinton dan George W Bush. Biden menjabat sebagai wapres selama delapan tahun di bawah Obama.

Wakil Presiden Mike Pence juga akan menghadiri acara pelantikan, dan tidak menghadiri acara perpisahan Trump di pangkalan militer Andrews Air Base di luar ibu kota.

Para asisten Biden mengatakan ia akan menyampaikan pidato pelantikan selama sekitar 30 menit berisi seruan optimistik untuk menjaga persatuan nasional sesudah masa jabatan Trump diwarnai pergolakan.

Biden dan istri

Joe Biden, bersama istri Jill dalam foto ini, pernah menjabat sebagai wapres di bawah Barack Obama.

Pada menit-menit terakhir masa jabatannya, Trump memberikan pengampunan kapada 73 orang termasuk mantan penasihatnya Steve Bannon, yang dituding terlibat penipuan dana kampanye.

Namun Trump tidak memberikan pengampunan kepada dirinya sendiri dan anggota keluarganya.

Langkah-langkah presiden baru

Biden akan mengambil sejumlah langkah penting begitu dilantik, termasuk dalam penanganan Covid-19 yang sejauh ini menyebabkan lebih dari 400.000 orang meninggal di AS, angka tertinggi di dunia.

Inilah sejumlah langkah lain yang akan dilakukan Biden:

  • Biden akan mencabut pembekuan keanggotaan AS di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pakar virologi AS, Dr Antony Fauci akan menghadiri pertemuan internasional WHO pekan ini.
  • Ia akan meneken perintah eksekutif untuk menjadikan penanganan pandemi Covid-19 sebagai sebagai program nasional. Perintah ini bertujuan untuk mengkordinasikan distribusi alat pelindung diri, vaksin dan tes
  • Biden juga akan mencabut larangan perjalanan ke AS bagi warga dari sejumlah negara yang mayoritas penduduknya Muslim
  • Dalam masalah lingkungan ia akan segera mengambil tindakan secepatnya dalam menangani krisis iklim, termasuk menandatangani sebuah dokumen untuk bergabung kembali dalam kesepakatan iklim Paris

(via/sumber: bbc.com).