2 Hari Sebelum Pesawat Sriwijaya Air Jatuh Kapten Afwan Terpantau CCTV, Gerak-geriknya Tuai Pujian

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 21/Janu/2021 06:53 WIB
Kapten Afwan terekam cctv toko 2 hari sebelum kecelakaan (Sumber: TikTok @gadingpangestu98) Kapten Afwan terekam cctv toko 2 hari sebelum kecelakaan (Sumber: TikTok @gadingpangestu98)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Gerak-gerik Kapten Afwan terpantau kamera pengawas CCTV sebuah supermarket, dua hari sebelum insiden pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang dikemudikannya jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Video yang merekam aktivitas Kapten Afwan tersebut lantas viral setelah beredar di media sosial. Video tersebut awalnya diunggah oleh akun TikTok bernama @gadingpangestu98 pada Senin, 18 Januari 2021.

Baca Juga:
Meriahkan Cap Gomeh, Ayo Terbang Bersama Sriwijaya Air Grup dengan Tiket Hemat Hanya Rp215.000

Video CCTV yang merekam aktivitas Kapten Afwan tersebut telah ditonton hingga jutaan kali. "Selamat Jalan Menuju Syurganya Allah Capt," tulis Gading Pangestu dalam caption unggahannya dikutip dari Tribunnews.

Dalam videonya, Gading menjelaskan jika video tersebut direkam ketika Kapten Afwan tengah berada di Padang pada 7 Januari 2021, atau 2 hari sebelum ia menaiki pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Baca Juga:
Boeing Instruksikan Pilot Pantau Pesawat dengan Cermat Usai Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182

"Banyak yang rindu capt Afwan, ini beliau waktu di Padang pada tanggal 07-01-2021.
Mari doakan yang terbaik buat capt Afwan," demikian keterangan dalam video tersebut.

Dalam video itu, tampak Kapten Afwan memakai pakaian jas berwarna hitam dengan kopyah putih berjalan memasuki sebuah supermarket.

Baca Juga:
Sriwijaya Air Dukung Penuh Investigasi KNKT Terhadap Musibah SJ 182

Terlihat pula sesekali ia berinteraksi dengan pria berpakaian putih yang berjalan di belakangnya.

Sang kapten yang berniat membeli jajanan itu lantas menawari rekannya untuk ikut mengambil jajanan.

Awalnya, pria berseragam putih terlihat sungkan. Ia berusaha menolak pemberian Kapten Afwan berupa makanan ringan.

Namun Kapten Afwan terus membujuk hingga akhirnya pria berseragam putih tersebut bersedia menerima bungkusan makanan ringan tersebut.

Selanjutnya, Kapten Afwan menuju kasir untuk membayar makanan ringan yang dibelinya. Termasuk membayar makanan ringan untuk rekannya itu.

Kebaikan sederhana yang dilakukan oleh Kapten Afwan itu sontak membuat warganet yang melihatnya ikut terenyuh. Banyak netizen memujinya melalui kolom komentar unggahan tersebut.

"Video ini membuktikan bahwa capt Afwan orang yang sangat baik dan dermawan semoga surga tempat beliau," tulis akun Piak Latuik.

"Enggak kenal tapi ditawarin dan dibelikan walaupun cuman snack. Murah hati sekali ya Allah. Sekarang almarhum Capt Afwan sudah menikmati amal jariyahnya," tutur akun @rianputerisw.

 

"Rekaman CCTV kayak gini pastinya berharga banget untuk orang-orang yang kehilangan beliau. Bisa jadi obat rindu," ujar akun @kakaktuayangtaktua.

"Baik banget orangnya kayaknya dia nawarin makanan gitu," tulis akun @bebas629.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi, sang pemilik akun Gading Pangestu membenarkan jika pria dalam rekaman CCTV yang viral tersebut adalah Kapten Afwan.

Seperti keterangan yang tertulis dalam video, rekaman itu diambil di supermarket Bandara Minangkabau International Airport, Padang pada 7 Januari 2021.

Gading menyebut video itu ia dapatkan dari seorang teman. Kebetulan teman Gading adalah pria yang dibelikan makanan ringan oleh Kapten Afwan.

"Saya dapat videonya dari teman, kebetulan teman saya orang yang dibelikan snack oleh Kapten Afwan," ucap Gading dikutip dari Tribunnews.

Menurut Gading, saat itu Kapten Afwan berniat membeli oleh-oleh. Ia lantas menawarkan kepada teman Gading untuk ikut mengambil jajajan.

Teman Gading itu sama sekali tak menyangka jika momen tersebut akan menjadi yang terakhir kalinya dia bertemu kapten Afwan.
 
"Teman saya sekarang sedih dan kaget. 2 Hari sebelum kejadian pesawat Sriwijaya Air jatuh dia sempat bertemu langsung sama Kapten Afwan," tuturnya.

Adapun Gading dan temannya tersebut bekerja sebagai staf di Bandara Minangkabau International Airport, Padang.

Gading mengaku sebenarnya ia tak mengenal dekat secara pribadi dengan Kapten Afwan. Namun ia meyakini Kapten Afwan orang baik. Ia juga yakin jika sang kapten sosok yang amat giat beribadah.

"Saya sangat yakin beliau orang yang shaleh dan baik, beliau sangat taat sama agama," ujar Gading.

Lebih lanjut, Gading mengatakan harapannya agar semua korban Sriwijaya Air SJ 182, termasuk Kapten Afwan bisa ditemukan.

"Saya berharap para korban cepat ditemukan,” ujar Gading. (lia/sumber:kompas.tv)