Tol Laut KM Lognus 2 jadi Harapan Masyarakat Papua Barat

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 22/Janu/2021 09:18 WIB
Penyambutan KM Lognus 2 Penyambutan KM Lognus 2

 

PAPUA BARAT (BeritaTrans.com) - Gubernur Papua Barat yang sambutanya disampaikan Wakil Gubernur Mohamad Lakotani berharap banyak dari kehadiran tol laut.

Baca Juga:
Pelayaran Perdana Kapal Tol Laut 2024 dari Surabaya Angkut Bapokting 115 Teus

"Kehadiran layanan kapal Logistik Nusantara 2 ini diharapkan menjadi sarana untuk memasarkan produksi lokal
berupa hasil perikanan, hasil perkebunan dan atau pertanian, hasil peternakan yang ada di Kabupaten Fakfak, Kabupaten Sorong Selatan dan Kabupaten Teluk Bintuni," jelas Mohamad, Jumat (22/1/2021).

Selanjutnya untuk diangkut melalui kapal ini ke tujuan pasar yang lebih menguntungkan dan dipacu untuk ekspor.

Baca Juga:
Kapal Tol Laut dan Djakarta Lloyd Distribusikan 7.800 Ton Semen ke Pulau Terpencil

"Saya juga berharap kapal ini dapat menunjang pendistribusian barang dan pengembangan ekonomi di daerah terpencil dan daerah belum berkembang serta upaya menurunkan disparitas harga," katanya.  

Selain itu, lanjutnya, kehadiran layanan kapal Tol Laut Barang di Pelabuhan Kokas perlu diberi kesempatan untuk membenari produk lokal, dengan mendorong penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan berupa penyediaan Cold Storage.

Baca Juga:
OTP dan Load Factor Kapal Tol Laut Terbaik, Pelni Raih Penghargaan dari Kemenhub

Gunanya untuk penampungan ikan, peningkatan keterampilan masyarakat untuk pengolahan ikan termasuk mendorong layanan listrik 24 jam di daerah potensial yang belum tersedia layanan listrik 24 Jam dari PLN pada tahun 2021.

Untuk menunjang pendistribusian muatan dari kapal Tol Barang dari dan ke Pelabuhan Kokas untuk wilayah Kabupaten Sorong Selatan, Mohamad mendorong layanan keperintisan penyeberangan lintas Kokas-Inanwatan.

"Dan untuk pendistribusian dari dan ke Pelabuhan Kokas melalui darat ke kawsan transmigrasi di Distrik Bomberai dan Distrik Tomage dan Kabupaten Teluk Bintuni, kita dorong layanan penyebarangan perintis lintas tanjung Dirimatan – tanjung Faramatan dan jalan akses yang memadai," tuturnya. 

Di akhir kesempatan, Mohamad menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia beserta seluruh jajaran Kabinet Indonesia Maju atas persetujuan disinggahi kapal Tol Laut Barang di Pelabuhan Kokas. 

Sebagai informasi, pengiriman perdana ini berhasil mengirimkan sebanyak 21 kontainer dari Kabupaten Merauke dengan muatan Bapokting sebagai Komoditi unggulan hasil produksi petani yaitu beras sebanyak 20 kontainer dan satu kontainer berisi kecap.

Muatan ini akan dikirim dan didistribusikan ke seluruh wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat yang diawali dari Pelabuhan Merauke dengan menyinggahi Pelabuhan Kokas Kabupaten Fakfak, Pelabuhan Sorong, di Kota Sorong yang berada di Provinsi Papua Barat.

Menyinggahi Pelabuhan Korindo di Kabupaten Supiori serta Depare Kabupaten Jayapura di Provinsi Papua, dengan menggunakan kapal KM. Logistik Nusantara 2 dengan operator PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) pada T-19. (omy)