Distrik Navigasi Tanjung Priok Sabet Sertifikat ISO 9001: 2015

  • Oleh : Naomy

Selasa, 26/Janu/2021 13:27 WIB
Penerimaan ISO 9001:2015 di Kantor Disnav Tanjung Priok, Selasa (26/1/2021) (Hubla) Penerimaan ISO 9001:2015 di Kantor Disnav Tanjung Priok, Selasa (26/1/2021) (Hubla)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Distrik Navigasi Tanjung Priok sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berhasil sabet Sertifikat ISO 9001:2015 dari PT Lloyd’s Register Indonesia.

Capaian ini atas prestasinya dalam menerapkan manajemen mutu bidang pelayanan publik.

Baca Juga:
KM. Dobonsolo Kembali Angkut Ribuan Peserta Arus Balik Mudik Gratis Sepeda Motor Dari Semarang ke Jakarta

Penyerahan Sertifikat ISO 9001:2015 dilakukan Perwakilan PT Lloyd’s Register Indonesia, Budi Yulianti kepada Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok M. Tohir disaksikan Direktur Kenavigasian Hengki Angkasawan bertempat  di Kantor Distrik Navigasi Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Hengki mengatakan diraihnya Sertifikat ISO 9001:2015 oleh Distrik Navigasi (Disnav) Tanjung Priok ini adalah suatu prestasi membanggakan. 

Baca Juga:
Kemenhub Segera Tetapkan Alur Masuk Pelabuhan Barus

Pencapaian ini menunjukan komitmen dan kualitas kita bersama seluruh Jajaran Kenavigasian khususnya Kantor Disnav Tanjung Priok untuk selalu memberikan pelayaran yang optimal kepada masyarakat pada umumnya dan pengguna jasa di bidang kenavigasian pada khususnya. 

“Keberhasilan tentunya prestasi yang sangat besar dan ini merupakan contoh kerja keras kita semua untuk meraih tujuan bersama," ujar Hengki.

Baca Juga:
Kemenhub Segera Tetapkan Alur Pelayaran Masuk Pelabuhan Sadai

Menurutnya, ISO 9001:2015 merupakan standar dokumen yang mencantumkan persyaratan yang harus dijalankan oleh suatu organisasi dan harus dijaga implementasinya. 

Dengan memeroleh Sertifkat ISO 9001:2015 Disnav Tanjung Priok telah menjalankan pekerjaan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan. 

“Pencapaian Sertifikat ISO 9001: 2015 ini selain merupakan pencapaian yang besar, juga merupakan tanggung jawab yang sangat besar pula untuk selalu memastikan setiap pekerjaan tetap berjalan sesuai dengan SOP," tutur dia.

Sertifikat ISO 9001:2015 ini merupakan suatu langkah yang baik dalam mengawali kegiatan di Tahun 2021. 

Sementara itu, Kepala Kantor Disnav Tanjung Priok, M. Tohir dalam laporannya mengatakan bahwa diperolehnya Sertifikat ISO 9001: 2015 oleh Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok dari Badan Sertifikasi Lloyd Register Business Assurance melalui proses yang cukup panjang.

"Yaitu dengan melakukan serangkaian tahapan diantaranya penyusunan SOP, penyusunan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), penerapan dan pemantauan SOP, pelaksanaan kegiatan audit mutu internal, pelaksanaan rapat tinjauan manajemen, pelatihan terkait sistem manajemen mutu,  dan audit eksternal sertifikasi ISO 9001:2015," paparnya.

Dia berterimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam membantu mewujudkan sertifikasi ini. Prestasi ini tentunya merupakan hasil kerja sama yang sangat baik dari seluruh jajaran Disnav Tanjung Priok untuk terus berkomitmen dalam meningkatkan dan memperbaiki layanan kepada masyarakat dan pengguna jasa di bidang kenavigasian.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari PT Lloyd’s Register Indonesia, Budi Yulianti mengatakan bahwa Sertifikasi ISO 9001:2015  akreditasi dari UKAS United Kingdom Accreditation Service (UKAS).

"Ke depan Disnav Tanjung Priok diharapkan terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai manajemen mutu pelayanan dan menjamin kepuasan bagi para pengguna jasanya,” ungkap Yulianti. (omy)