Viral Motor Masuk Tol Cibitung, Polisi Duga Salah Pengaturan Aplikasi Google Maps

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 27/Janu/2021 19:32 WIB
Penampakan motor masuk Tol Jakarta-Cikampek, Cibitung. (Screenshot Video) Penampakan motor masuk Tol Jakarta-Cikampek, Cibitung. (Screenshot Video)

BEKASI (BeritaTrans.com) - Peristiwa motor masuk Tol Jakarta-Cikampek, Cibitung, Bekasi, terekam video amatir dan viral di media sosial. Polisi menduga pemotor tersebut tersasar saat menggunakan aplikasi Google Maps. 

Kasat Lantas Polres Metro Bekasi AKBP Ojo Ruslani menduga bahwa pemotor tersebut tersasar. Ditambah lagi, di ruas tol mengarah ke Cikampek tidak ada gerbang transaksi, sehingga pemotor bisa salah jalan. 

Baca Juga:
Fuji Kendarai Mobil Sport Baru di Jalan Tol Tanpa Plat Nomor, Kok Bisa?

"Kebetulan gerbang yang dilalui itu tidak ada palang pintunya," kata Ojo, Rabu (27/1/2021). 

Dikutip dari DetikNews ia menyatakan, berdasarkan pengalaman beberapa pemotor yang pernah tertangkap masuk tol, rata-rata tersasar ketika menggunakan aplikasi Google Maps. 

Baca Juga:
Viral Tiga Emak-Emak Pengendara Fortuner Buka Pembatas Jalan Tol Demi Putar Balik, Polisi Buru Pelaku

"Berdasarkan interogasi ke orang (pemotor) yang pernah masuk tol yang sama, biasanya mereka orang baru tinggal di Bekasi, dia menggunakan Google Maps, setting-annya mobil, jadi diarahkannya ke situ," jelas Ojo. 

Hal senada diungkap oleh Kepala Induk Turangga 05 Korlantas Polri, Kompol Faisal. Faisal menduga pengendara motor tersebut tidak menyadari masuk tol karena tidak melihat-lihat terlebih dahulu. 

Baca Juga:
Viral Pemotor Masuk Tol Desari Dikejar dengan 3 Mobil Petugas

"Kadang orang banyak kesasarnya lewat Google Maps disasarin, kadang lihat itu (Google Maps), nggak lihat kanan-kiri," tutur Faisal. 

Lebih lanjut, Faisal mengaku belum mendapatkan laporan soal adanya pemotor masuk jalan tol Jakarta-Cikampek yang videonya viral itu. Dia menyebut pintu tol Jakarta-Cikampek memang tidak ada gerbang tol untuk transaksi. 

Ia menambahkan, pihaknya mengantisipasi agar motor tidak masuk tol dengan memperbanyak spanduk sosialisasi hingga patroli. 

"Untuk tol arah Cikampek dari Jakarta mengarah ke Cikampek memang tidak ada gerbang, tidak ada transaksi. Kita sudah upaya dengan pasang rambu-rambu dengan cara memasang spanduk, sosialisasi, baik itu di medsos dan media lain, bahwa kendaraan yang seharusnya tidak masuk tol ya tidak masuk. Namun memang kita juga anggota kita tetap patroli di wilayah tersebut," ujar Faisal. 

Polisi tetap melakukan penjagaan di pintu masuk tol. Faisal menyebut pihaknya beberapa kali mendapati pemotor yang hendak masuk ke arah tol. 

"Yang sering kita temukan ketika kita laksanakan giat-giat di seputaran pintu masuk tol banyak yang memang hampir mau masuk tol, tapi karena ada petugas di situ jadi kita arahkan untuk putar balik sebelum masuk tol," ucapnya. 

Dalam video yang viral, terlihat seorang pemotor melintas di ruas jalan tol. Peristiwa itu disebut-sebut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Cibitung, Kabupaten Bekasi, pada Senin (25/1/2021) malam. 

Video tersebut direkam oleh pengemudi mobil yang sedang melintas di lokasi.

"Lah ngigo, ada motor dongs," ujar seorang pria dalam rekaman video viral tersebut.(fh/sumber:detiknews)