Suara Sirene Mengaung di Udara Teheran, Pesawat Turki Enggak Jadi Mendarat, Rupanya Ada...

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 31/Janu/2021 08:07 WIB
Ilustrasi Kota Teheran. Ilustrasi Kota Teheran.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Berdasarkan laporan dan video yang dibagikan di media sosial, sirene serangan udara dibunyikan di dan sekitar bagian ibu kota Iran, Teheran. 

Menurut video yang dibagikan oleh salah seorang warga Iran, sirene terdengar selama beberapa menit di Teheran Barat. 

Baca Juga:
Hujan Salju di Istanbul Paksa 100 Jadwal Penerbangan Turkish Airlines Dibatalkan

Sekitar waktu yang sama, penerbangan Turkish Airlines dari Istanbul ke Teheran berputar-putar di atas Ibu Kota Iran sebelum dialihkan. 

Jalur Flight Radar 24 dari pesawat tersebut menunjukkan bahwa pesawat tersebut mengubah jalur penerbangannya ke Baku pada saat yang sama ketika laporan sirene terdengar. 

Baca Juga:
Alami Ganguan Cuaca Saat ke Makassar, Pesawat Lion Air JT 994 Akhirnya Mendarat di Bandara Haluoleo Kendari

Televisi milik pemerintah Iran menyampaikan kedua peristiwa tersebut tidak ada kaitannya. 

Kantor Hubungan Masyarakat bandara Imam Khomeini Teheran mengatakan bahwa pesawat Turkish Airlines telah dialihkan terkait dengan kondisi cuaca. 

Baca Juga:
Cuaca Buruk di Makassar, Pesawat Lion Air Batal Landing-Kembali ke Kendari

"Pilot pesawat Turkish Airlines mengubah rutenya ke Baku karena kondisi cuaca dan akan kembali ke Teheran saat kondisi cuaca stabil," kata kantor berita semi-resmi Tasnim yang mengutip departemen bandara. 

Mengutip pernyataan dari Hamidreza Goudarzi, Deputi Gubernur untuk Keamanan Teheran, sirene yang terdengar di Teheran barat itu disebabkan oleh gangguan dalam sistem suara suatu organisasi. 

“Tidak ada masalah keamanan dan masyarakat tidak perlu khawatir,” katanya, dilansir dari Al Arabiya pada Sabtu (30/1/2021). 

Direktur jenderal organisasi manajemen krisis Teheran mengatakan kepada TV pemerintah bahwa sirene yang didengar di ibu kota adalah alarm keamanan dari sebuah komplek, yang diaktifkan karena kebocoran yang disebabkan oleh hujan lebat.(fhm/sumber:pikaranrakyatcom)