Pakai Lion Air, 26 Terduga Teroris Diterbangkan dari Makassar dan Ditahan di Cikeas

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 05/Feb/2021 08:15 WIB
Salah seorang dari 26 terduga teroris yang ditangkap di Makassar dan Gorontalo, diterbangkan ke Jakarta, Kamis (4/2). (Photo Courtesy : Mabes Polri ) Salah seorang dari 26 terduga teroris yang ditangkap di Makassar dan Gorontalo, diterbangkan ke Jakarta, Kamis (4/2). (Photo Courtesy : Mabes Polri )

TANGERANG (BeritaTrans.com) - Dua puluh enam terduga teroris yang ditangkap di Makassar dan Gorontalo, diterbangkan meggunakan pesawat Lion Air ke Jakarta hari Kamis (4/2).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, 4 Februari 2021. (Foto: Mabes Polri)

Baca Juga:
Pesawat Lion Air Balik ke Bandara Juanda akibat Kontrol Kemudi Bermasalah

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, 4 Februari 2021. (Foto: Mabes Polri)

Keterangan tertulis Kepolisian Indonesia menyatakan mereka akan ditahan di rutan khusus tindak pidana terorisme di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Hal ini juga dibenarkan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono.

Baca Juga:
Lion Air Gratiskan Rapid Test Antigen untuk Penumpang di 13 Rute Termasuk Bandung, Kualanamu, Padang, Pekanbaru, Palembang dan Batam

“Di rutan khusus teroris di Cikeas,” ujarnya ketika menerima ke-26 terduga teroris di bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Lebih jauh Rusdi mengatakan kelompok teroris Ihwal Pakuato ini merupakan kelompok teroris yang berafiliasi dengan Jamaah Ansharut Daulah JAD, yang berafiliasi dengan ISIS.

Baca Juga:
Cuaca Buruk, Pesawat Lion Air Batalkan Penerbangan ke Palu dan Balik ke Makassar

Ditambahkannya, kelompok ini telah mempersiapkan diri melakukan tindak pidana teroris, seperti melakukan latihan fisik beladiri, memanah, melempar pisau dan menembak dengan senapan angin.

Mereka juga memiliki kemampuan merakit bom dan bahkan sudah mempersiapkan pelaku bom bunuh diri, atau biasa disebut “pengantin.”

“Kelompok ini merencanakan kegiatan penyerangan Mako Polri, terus rumah dinas Polri dan rumah pejabat di Gorontalo. Selain itu juga berencana melakukan aksi perampokan pada beberapa toko di sekitar Gorontalo," ujar Rusdi. 

Tags :