Lion Air Group Digitalisasi Dokumen Tes Covid-19 untuk Penumpang Maskapai

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 05/Feb/2021 15:06 WIB
Pesawat Lion Air berbody besar jenis Airbus 330-900NEO tiba di Bandara Soetta, Tangerang, Ahad (31/1/2021). (Ilustrasi) Pesawat Lion Air berbody besar jenis Airbus 330-900NEO tiba di Bandara Soetta, Tangerang, Ahad (31/1/2021). (Ilustrasi)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tingkatkan layanan, Lion Air Group saat ini, telah melakukan digitalisasi dokumen tes Rapid Test Antigen atau PCR di 24 layanan tes Covid-19 khusus, yang ada di daerah secara bertahap. 

Hal itu juga untuk memudahkan perjalanan udara bagi penumpang pesawat Wings Air, Batik Air dan Lion Air, pada masa waspada pandemi Covid-19. 

Baca Juga:
Pesawat Panen Penumpang di Bandara Soetta, Hilal Pulihnya Bisnis Transportasi Udara?

“Proses penerbangan akan semakin mudah, sehat dan aman,"ujar Corporate 
Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan resmi yang diterima BeritaTrans.com, Jumat (5/2/2021). 

Danang menyatakan, saat ini pihaknha telah menyediakan 24 titik fasilitas  layanan Rapid Test Antigen hingga hari ini (05/ 02/2021) di berbagai kota dan daerah strategis dengan tarif terjangkau Rp 95 ribu. 

Baca Juga:
Ini Ketentuan Bepergian Lewat Darat, Laut, Udara PPKM 16-29 November 2021

Adapun daerah lokasi tersebut mencakup di Banda Aceh, Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Pematang Siantar, Padang, Pekanbaru, Palembang, Pangkalpinang, Kota Tangerang, Jakarta, Bogor, Cikarang-Kabupaten Bekasi, Bandung, Makassar, Kendari, Banjarmasin, Balikpapan, Kabupaten Badung, serta mempersiapkan di kota-kota atau bandar udara-bandar udara lainnya. 

Danang menjelaskan, hasil dari uji kesehatan, sebelum melakukan perjalanan, petugas nantinya akan register dalam platform Vaksinku atau Paspor Sehat. 

Baca Juga:
Dua Penumpang Tujuan Bali Ketinggalan Pesawat, Ini Kata Lion Air

Petugas faskes langsung mengirim data untuk menerbitkan surat hasil tes Covid-19 dan terintegrasi ke electronic Health Alert Card (e-HAC)  dan akan menghasilkan data digital berupa surat hasil uji kesehatan sesuai pilihan penumpang (Rapid Test Antigen atau PCR/ SWAB). 

Bagi penumpang sebelum keberangkatan calon harus mengunduh aplikasi e-HAC dari Google Play Store atau Apple Store. Calon penumpang menerima surat hasil uji kesehatan elektronik dan mendapat QR Code di aplikasi e-HAC yang menunjukan hasil tes Covid-19. 

Calon penumpang akan menunjukkan barcode kepada petugas lembaga terkait yang melakukan verifikasi dokumen uji kesehatan di terminal bandar udara. 

Saat kedatangan, penumpang mendaftarkan diri pada aplikasi e-HAC sebelum keberangkatan atau ketika setelah mendarat dengan mengisi semua persyaratan sesuai kolom yang tertera, berdasarkan data diri serta riwayat secara benar dan tepat. Setelah tiba di bandara, tunjukkan barcode aplikasi e-HAC kepada petugas.

Dalam pengoperasian layanan penerbangan Lion Air Group bertugas sebagai operator, untuk membawa atau menerbangkan para penumpang yang telah dinyatakan laik bepergian menggunakan pesawat udara, dari bandar udara asal ke bandar udara tujuan. (fhm)