Bawa PCR Negatif di Bandara Soetta, 1.163 WNI-WNA Ternyata Positif Covid-19

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 19/Feb/2021 08:17 WIB
Dua warga negara asing (WNA) berjalan untuk mengikuti proses karantina setibanya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, 29 Desember 2020. Larangan masuknya WNA ke Indonesia dilakukan guna mencegah munculnya varian baru virus Corona yang memiliki daya tular yang sangat cepat yang tengah marak di Eropa. ANTARA/Muhammad Iqbal Dua warga negara asing (WNA) berjalan untuk mengikuti proses karantina setibanya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, 29 Desember 2020. Larangan masuknya WNA ke Indonesia dilakukan guna mencegah munculnya varian baru virus Corona yang memiliki daya tular yang sangat cepat yang tengah marak di Eropa. ANTARA/Muhammad Iqbal

TANGERANG (BeritaTrans.com) - Sejak 20 Desember 2020 hingga 17 Februari 2021 tercatat 1.163 Warga Negara Asing ( WNA ) dan Warga Negara Indonesia ( WNI ) yang masuk melalui Bandara Soekarno Hatta membawa hasil PCR negatif.

Kasubdit Karantina Kesehatan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Benget Saragih, mengemukakan traveler itu setelah dites, ternyata hasilnya positif Covid-19.

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

“Jadi, kami sejak diberlakukannya Surat Edaran pengetatan perjalanan internasional dari tanggal 20 Desember sampai sekarang, sampai tanggal 17 Februari itu sudah ada 1.163 positif Covid-19 yang kami lakukan pemeriksaan yang semuanya Warga Negara Asing dan Warga Negara Indonesia yang membawa hasil PCR negatif,” ungkapnya dalam dialog virtual dari Media Center Graha BNPB, Jakarta, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga:
Cuma 12 Hari Libur Lebaran, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 2,02 Juta, jadi Tersibuk di Asia Tenggara

Benget mengatakan pertama ada sebanyak 872 orang WNI maupun WNA yang masuk kemudian di tes swab PCR ternyata positif Covid-19. “Jadi, yang pertama dilakukan swab pertama dengan PCR itu 872 orang yang positif. Saat kedatangan langsung diperiksa,” katanya.

Selanjutnya, kata Benget, sebanyak 324 orang yang positif Covid-19 setelah dites hari kelima kanrantina. “Kemudian, hari kelima dilakukan pemeriksaan kedua 324 orang, yang masa inkubasinya muncul di hari ke-5 dan dilakukan secara langsung tes, pemeriksaannya positif.”

Baca Juga:
Bandara Angkasa Pura II Siap Sambut Arus Balik dengan Layanan Optimal

Benget pun mengatakan jumlah 1.163 orang yang positif Covid-19, namun membawa hasil PCR negatif ini khusus untuk di Bandara Soekarno Hatta. “Ini khusus untuk Soekarno Hatta. Jadi dari Soekarno Hatta, Bandara.”

Sementara itu, Benget juga mendapatkan laporan di Surabaya dengan kasus yang sama terjaring sebanyak 433 orang positif dengan membawa hasil PCR negatif. Di Surabaya memang tidak sama ya pelaksanaannya, karena memang ada kendala di lapangan. Dari laporan yang kami dapatkan 433 orang yang positif Covid-19 diperiksa di Surabaya.”

Kemudian, kata Benget di Batam juga ditemukan sebanyak 300 orang yang positif Covid-19 namun membawa hasil PCR negatif. Dan ini khusus untuk pelaku perjalanan internasional lewat laut.

(jasmine/sumber: sindonews.com).