Mesin Rusak, United Airlines Kandangkan 24 Pesawat Boeing 777

  • Oleh : Bondan

Senin, 22/Feb/2021 10:59 WIB
United Airlines menghentikan sementara penerbangan 24 armada Boeing 777. Foto: via REUTERS/HAYDEN SMITH/@speedbird5280 United Airlines menghentikan sementara penerbangan 24 armada Boeing 777. Foto: via REUTERS/HAYDEN SMITH/@speedbird5280

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Maskapai United Airlines akan menghentikan semua penerbangan dengan armada 24 unit pesawat Boeing 777 miliknya. Hal itu dilakukan setelah terjadi pendaratan darurat terhadap pesawat Boeing 777-200 miliknya akibat kerusakan mesin di Bandara Internasional Denver, Amerika Serikat pada Sabtu (20/2/2021).

Pengumuman itu muncul setelah Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) mengatakan akan membutuhkan inspeksi lanjutan terhadap pesawat Boeing 777 dengan mesin seri Pratt & Whitney PW4000 setelah terjadi kerusakan mesin dalam penerbangan United 328.

Baca Juga:
Penumpang Panik Gegara Asap Muncul di Kabin dan Kokpit Boeing 757-200 United Airlines yang Baru Terbang Lagi setelah 10 Bulan Menganggur

United Airlines pada Minggu (21/2/2021) seperti mengutip Reutersmengatakan, pihaknya akan melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan regulator AS untuk menentukan langkah lanjutan yang diperlukan untuk memastikan pesawat Boeing 777 memenuhi standar keamanan dan bisa beroperasi kembali.

FAA mengatakan inspeksi lanjutan berimbas pada penghentian sementara operasional bebereapa pesawat Boeing 777 milik United.

Baca Juga:
Saat Pesawat Lepas Landas, Tiba-Tiba Semua Penumpang Terbatuk karena Semprotan Merica

Sejumlah foto yang beredar menunjukkan beberapa bagian pesat milik United Airlines jatuh berserakan setelah mendarat darurat lantaran kerusakan mesin.

Pihak maskapai mengatakan pesawat Boeing 777-200 yang mengangkut 231 penumpang dan 10 awak itu sedang menuju ke Honolulu ketika mengalami kerusakan mesin. Kerusakan mesin dilaporkan terjadi tak lama setelah pesawat lepas landas. Pesawat kemudian kembali ke bandara awal.

Baca Juga:
Boeing Rekomendasikan Tangguhkan Operasional Boeing-777

Tidak ada laporan korban luka, baik di pesawat maupun di darat.

Gambar yang diunggah oleh polisi di Broomfield, Colorado memperlihatkan puing-puing pesawat berserakan di tanah, termasuk penutup mesin.

Sebuah video yang diambil dari dalam pesawat menunjukkan mesin terbakar. Sementara dalam video lain di media sosial tampak kepulan asap hitam di udara.

"Sesuatu meledak," kata seorang pria di video itu.
Dalam rekaman audio, seorang pilot United terdengar membuat panggilan mayday ke menara kontrol lalu lintas udara.

"Mayday, pesawat baru saja mengalami kerusakan mesin, perlu segera dihidupkan," menurut audio dari situs pemantauan liveatc.net. (CNNIndonesia.com)