Awal Pekan Pagi Ini Pengguna KRL Capai 106.818

  • Oleh : Fahmi

Senin, 22/Feb/2021 13:46 WIB
Antrean calon pengguna KRL di Stasiun Cikarang. Antrean calon pengguna KRL di Stasiun Cikarang.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Terjadi antrean pengguna KRL di beberapa stasiun pada Senin (22/2/2021) pagi. Hal itu guna tidak terjadinya penumpukan pengguna di dalam rangkaian KRL. 

KAI Commuter menyatakatan, operasional perjalanan KRL di seluruh lintas dan situasi seluruh stasiun pada Senin (22/2) pagi ini terpantau aman, lancar dan kondusif, dengan para pengguna KRLnya tetap tertib untuk antre naik KRL di beberapa stasiun pada jam sibuk ini. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

"KAI Commuter tetap mengoperasikan 986 perjalanan KRL perharinya, dengan jam operasional mulai dari pukul 04.00-22.00 WIB sesuai aturan pada masa pembatasan kegiatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba pada keterangan resmi hari Senin. 

KAI Commuter mencatat hingga pukul 08:00 WIB jumlah pengguna KRL sejumlah 106.818 orang atau bertambah 2% dibanding waktu yang sama pada Senin pekan lalu yang berjumlah 104.467 orang. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Sejumlah stasiun yang mencatat kenaikan jumlah pengguna antara lain Stasiun Citayam 7.789 pengguna, naik 17% dibanding waktu yang sama pekan lalu, Stasiun Bekasi 5.732 pengguna, naik 28℅, dan Stasiun Parung Panjang 4.891 pengguna, naik 3%. 

Sementara di stasiun lain jumlah pengguna tercatat turun, misalnya di Stasiun Bojonggede 8.171 pengguna, turun 4% dibanding waktu yang sama pekan lalu, Stasiun Bogor 7.791 pengguna, turun 16%, dan Stasiun Cilebut 4.844 pengguna, turun 18%. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

"Protokol kesehatan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak senantiasa wajib dijalankan oleh para pengguna maupun petugas kami di stasiun maupun di dalan KRL. Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama," ujar Anne. 

KAI Commuter juga mengajak pengguna KRL untuk tetap mematuhi arahan pemerintah dengan mengurangi mobilitas serta mengatur aktifitas kerja sesuai aturan yang berlaku guna menekan penyebaran Covid-19. 

KAI Commuter juga menghimbau kepada para pengguna dapat merencanakan kembali perjalanannya dan bekerja sama untuk tidak naik ke dalam kereta yang telah terisi sesuai marka yang ada yaitu 74 orang per kereta. Untuk memaksimalkan upaya jaga jarak aman ini, tetap ada antrean penyekatan di stasiun-stasiun terutama pada jam sibuk. 

Pemberlakuan jadwal baru telah mengakomodir penambahan perjalanan KRL termasuk di jam sibuk pada pagi dan sore hari. Informasi lengkap mengenai jadwal, posisi kereta, dan pantauan kepadatan di stasiun dapat dilihat melalui aplikasi KRL Access. 

Bagi orang lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas, tiap harinya hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk. Sedangkan anak balita untuk sementara masih dilarang untuk naik KRL. (fahmi)