Penerapan Tes Covid-19 Secara Acak, Pelindo II Siapkan 5 Alat GeNose di Pelabuhan Tanjung Priok

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 26/Feb/2021 17:21 WIB
Menhub aaat meninjau penerapan GeNose secara acak Menhub aaat meninjau penerapan GeNose secara acak


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Alat deteksi Covid-19 karya anak bangsa “GeNose” mulai diterapkan sebagai alat penyaringan (screening) Covid-19 bagi para calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/2/2021).

Terdapat lima alat GeNose yang disiapkan PT Pelindo II saat 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung uji coba penerapan GeNose di Pelabuhan Tanjung Priok. 

Baca Juga:
Jembatan di Pulau Seram Ambruk Setelah Dilewati Truk Bermuatan Kayu

Turut mendampingi Menhub dalam kegiatan ini Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Andi Hartono, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok Capt Wisnu Handoko, Plt Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Inayatur Robbany, Direktur Utama PT Pelni (Persero) Insan Purwarisya L. Tobing, dan Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) Arif Suhartono.

“Saya gembira hari ini GeNose bisa mulai diterapkan di Pelabuhan Tanjung Priok walaupun tidak wajib (mandatory), tetapi dilakukan secara acak (random),” ujar Menhub.

Baca Juga:
Samudera Indonesia (SMDR) Berencana Menambah Armada Pengangkutan LNG

Dia menjelaskan, dengan adanya pengecekan secara acak ini, maka masyarakat seyogyanya memastikan dirinya dalam kondisi sehat. 

Bila dilakukan random check melalui GeNose dan dinyatakan positif, maka tidak diizinkan untuk melanjutkan perjalanan.

Baca Juga:
Kementerian Pertahanan Inggris: Kapal Dagang Israel Diserang di Lepas Pantai Oman

“Saya minta Pelni, Pelindo II, dan Otoritas Pelabuhan memberikan informasi kepada para calon penumpang sehingga jika mereka merasa tidak sehat, seperti merasa demam atau panas, agar sebaiknya menunda perjalanannya terlebih dahulu,” urainya.

Menhub mengapresiasi area pemeriksaan GeNose di Pelabuhan Tanjung Priok, yang telah menggunakan bilik sebagaimana disarankan para Epidemiolog.

Dia berharap, pengecekan secara acak di Pelabuhan Tanjung Priok bisa dilakukan terua menerus dan konsisten. Setelah Pelabuhan Tanjung Priok, pengecekan secara acak melalui GeNose selamjutnya juga akan diterapkan di pelabuhan-pelabuhan lainnya.

“Semoga dengan dilakukannya pengecekan ini dapat menekan penyebaran Covid-19,” tutur Menhub. (omy)