Poltekpar Bali-Disbudpar Papua Kerja Sama Bangun SDM Unggul

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 27/Feb/2021 13:16 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno Menparekraf Sandiaga Uno

BALI (BeritaTrans.com) - Dukung Peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pariwisata, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali yang merupakan salah satu dari enam perguruan tinggi pariwisata di bawah naungan Kemenparekraf menjalin kerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua dalam upaya menghadirkan SDM pariwisata unggul. 

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Direktur Poltekpar Bali Ida Bagus Putu Puja dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Yimin Weya, dilaksanakan di Poltekpar Bali, Jumat (26/2/2021). 

Baca Juga:
Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Poltekpar 2024 Resmi Dibuka

Turut menyaksikan acara penandatanganan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dan Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya usai menyaksikan penandatanganan MoU, mengatakan, SDM unggul menjadi salah satu faktor yang dapat membantu mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Baca Juga:
Kemenparekraf Tingkatkan Kapasitas SDM Informasi Publik

Menparekraf menjelaskan, kerja sama ini sejalan dengan prioritas utama Presiden Joko Widodo untuk membangun SDM yang terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. 

"Dalam hal ini SDM yang unggul dan dapat mengangkat potensi pariwisata dan produk ekonomi kreatif di Papua," ujar Menparekraf. 

Baca Juga:
Tahun Ini Kemenparekraf Siapkan 3.860 Kuota Mahasiswa Baru Poltekpar

Pariwisata pascapandemi kata dia, akan berubah secara fundamental pada fokus yang lebih mengutamakan kualitas dibanding kuantitas. 

Dengan begitu pariwisata kembali diharapkan mampu memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar dan mempercepat proses pemulihan pandemi. 

“Ini adalah bentuk dari kolaborasi dan saya yakin dengan penandatanganan kesepakatan ini mudah-mudahan bisa mendorong kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di Papua dan juga di Bali, serta membuka lapangan kerja yang lebih luas,” tuturnya.

Direktur Politeknik Pariwisata Bali, Ida Bagus Putu Puja, menyampaikan apresiasi tinggi atas kehadiran Menparekraf dalam acara penandatanganan MoU antara Poltekpar Bali dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua.

“Seperti yang kita ketahui bersama, Poltekpar Bali sebagai salah satu perguruan tinggi di bawah naungan Kemenparekraf/Baparekraf berkomitmen dalam mengembangan SDM pariwisata Indonesia," ujarnyam

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah provinsi Papua yang sudah bersedia bekerjasama dengan dan menjalankan komitmen tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua, Yimin Weya, mengucapkan terima kasih atas terjalinnya kerja sama. Pihaknya sangat membutuhkan kepedulian dan dukungan dari Menparekraf dan Poltekpar Bali, dalam membuka jurusan parekraf serta mengembangkan berbagai potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Papua.

“Papua yang terbentang lebih dari 6.000 kilometer persegi dan terbagi menjadi 29 Kabupaten/Kota memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Namun, hal ini tidak sebanding dengan jumlah SDM pariwisata dan ekonomi kreatif yang tersedia di Papua. Oleh karena itu, kami sangat bersyukur dapat menjalin kerja sama yang baik ini dan dapat dipertemukan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” tutur Yimin. (omy)