Mati Mesin, 4 ABK Kapal Nikmat Pemberian Tuhan Dievakuasi

  • Oleh : Fahmi

Senin, 01/Mar/2021 21:58 WIB
Tim SAR Mentawai menyelamatkan empat awak Kapal Nikmat Pemberian Tuhan yang mati mesin, Senin (1/3/2021). (Foto: MNC Portal/Rus Akbar) Tim SAR Mentawai menyelamatkan empat awak Kapal Nikmat Pemberian Tuhan yang mati mesin, Senin (1/3/2021). (Foto: MNC Portal/Rus Akbar)

MENTAWAI (BeritaTrans.com) - Empat awak Kapal Nikmat Pemberian Tuhan (NPT) yang mengalami mati mesin di perairan Matuptuman, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai berhasil diselamatkan tim SAR. 

Empat awak kapal itu masing-masing Iris (38), Debi (28), Indra (18) dan Dani (15).  

Baca Juga:
Saat pandemi, KKP Kupang karantina 43 kapal kargo di tengah laut

“Setelah diserahkan kepada keluarga pada pukul pukul 16.00 WIb kami tutup pencarian, kapal dan korban selamat,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai, Akmal, Senin (1/3/2021). 

Dia menuturkan, informasi diperoleh dari warga tuapeijat bernama Evi pada pukul 09.00 WIB bawa ada kapal mati mesin di perairan Matuptuman. Kemudian pukul 10.45 WIB dari Dermaga Tuapeijat tim SAR gabungan berangkat ke lokasi dengan lama pelayaran satu jam.   

Baca Juga:
38 Jam Kandas, Kapal Pelni KM Tidar Akhirnya Kembali Berlayar ke Ambon

“Awal kejadian itu pada Pukul 08.00 WIB, tiga orang orang berangkat untuk mengantarkan temannya yang sakit dari Pulau Rua Mata menuju Tuapeijat. Pada pukul 09.00 WIB kapal mengalami mati mesin di wilayah Matuptuman antara Pulau Rua Mata dengan Pulau Nukok,” kata Akmal.  

Tiba di lokasi, tim SAR gabungan berhasil menemukan Kapal KM NPT dan 4 orang korban dalam keadaan selamat. “Kapal NPK itu kapal kayu dengan warna biru dengan panjang 8 meter sedang terapung-apung,” ucapnya.  

Baca Juga:
WN Australia Pulang Kampung Naik Kapal Phinisi dari Indonesia

Lalu SAR gabungan mengevakuasi korban Dermaga Tuapejat sementara kapal KM NPT ditarik. “Setelah sampai di Tuapeijat tim SAR gabungan menyerahkan empat orang awaknya kepada pihak keluarga,” katanya. (fhm/sumber:iNews.id)