Bakti Soroti Belum Tergarapnya Data Potensi Pariwisata

  • Oleh : Naomy

Kamis, 04/Mar/2021 16:30 WIB
Salah satu destinasi wisata Salah satu destinasi wisata

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Direktur Layanan TI, Bakti Kominfo untuk Pemerintah dan Masyarakat Danny Januar, menyoroti soal masih belum tergarap dengan baik data potensi pariwisata di Indonesia. 

Saat ini pihaknya tengah melakukan inisiatif awal terhadap kondisi tersebut. 

“Konsep besarnya jaringan pariwisata ini adalah sebagai wadah untuk mengumpulkan seluruh inventory komoditi potensi pariwisata diseluruh Indonesia. Untuk langkah awal ini kami ujicobakan di lima destinasi wisata super prioritas,” ujar Danny di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Dia menyebutkan, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk menjadi awal mula proses digitalisasi di sektor pariwisata mengingat pekembangan telekomunikasi yang semakin membaik. 

Menurutnya saat ini masih ada 12.548 desa yang belum terjangkau layanan sinyal 4 G dan diharapkan dapat diselesaikan pemerintah dan penyelenggara komunikasi di tahun 2022 ini. 

“Bakti Kominfo ditugasi untuk menyelesaikan jaringan 4G di 7904 desa,” imbuhnya.

Kemenkominfo juga telah menyiapkan peluncuran satelit komunikasi milik pemerintah dengan nama satelit Republik Indonesia yang peruntukannya l untuk pelayanan publik pemerintah. 

Nantinya seluruh area publik akan dilayanai oleh satelit yang akan mengorbit di kuartal  4 tahun 2023. 

“Artinya proses digitalisasi di sektor pariwisata pun nantinya akan bisa dilakukan dengan lebih mudah,” ujarnya. 

Danny menambahkan, saat ini dukungan yang diberikan Bakti Kominfo di sektor pariwisata atara lain pemberian pelatihan bahasa Inggirs, Pelatihan Virtual Tour, dan Pelatihan UMKM Digital. 

“Pelatihan bahasa Inggris telah diberikan kepada 3.244 dari 47 kabupaten. Untuk pelatihan Virtual Tour ini bisa jadi ajang promosi destinasi wisata, sedang pelatihan UMKM Digital kita bekerjasama dengan asosiasi ecommerce Indonesia,” katanya. (omy)